Latest News
Monday, May 19, 2014

DPS Pemalang Hasil Perbaikan Pilpres 1.112.466 Jiwa

Logo KPU
Seputar Pemalang - Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP), yang merupakan jumlah warga Pemalang yang berhak memilih dalam Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang, sebanyak 1.112.466 jiwa. Jumlah ini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang melalui lembaga koordinasinya yaitu PPS di tingkat kelurahan dan PPK tingkat kecamatan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit).

“Coklit dilakukan dengan unsur empat plus satu, empat yaitu DPT, DPTB, DPK, dan DPKTB dari proses pemilihan legislatif lalu, ditambah satu yaitu data pemilih pemula yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri,” kata Anggota KPU Pemalang bagian Divisi Pemutakhiran Data Pemilih Mustagfirin SAg, saat ditemui di kantornya, Jumat (16/4) kemarin.

Dijelaskan Mustagfirin, sesuai DPT Pileg yang ditetapkan tanggal 19 Maret 2014, sebanyak 1.088.571, sehingga dengan jumlah sekarang sebanyak 1.112.466 jiwa, maka ada penambahan sebanyak 23.895 jiwa. “KPU RI menerima data pemilih pemula dari kementerian dalam negeri.

KPU RI kemudian mendistribusikannya kepada KPU di daerah untuk turut dicoklit. Data dari Kemendagri itu, pemilih pemula di Pemalang sebanyak 25.000- an,” katanya.

Ditambahkan, coklit dilakukan mulai tahap di kelurahan atau desa yang dilakukan PPS, yang kemudian ketika selesai, direkap di tingkat kecamatan. 

“Untuk besok (hari ini, red), kami undang dari partai politik, dinas terkait seperti Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil dan Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas), juga dihadiri PPK untuk Rapat Koordinasi mengenai DPS Hasil Perbaikan ini.”

Rakor akan berisi penyampaian Informasi mengenai coklit dan hasilnya yang dilakukan secara berjenjang di tiap kelurahan dan desa sampai di kecamatan, dan ditotal untuk tingkat Kabupaten Pemalang.

“Proses ini merupakan rangkaian untuk menyiapkan data pemilih yang akan digunakan dalam pelaksanaan Pilpres 9 Juli 2014. Dengan cara ini juga diharapkan masyarakat bisa aktif memberi masukan agar bisa maksimal, dan semua yang berhak memilih bisa masuk dalam DPT Pilpres,” tegasnya. (satelitpos)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: DPS Pemalang Hasil Perbaikan Pilpres 1.112.466 Jiwa Rating: 5 Reviewed By: asri yatno