Latest News
Saturday, April 12, 2014

SMK Texmaco Bekali Para Siswanya Berwirausaha

SISWA SMK Texmaco Pemalang saat praktik komputer. SATELITPOST/ DOK TEXMACO
Seputar Pemalang - Penambahan Mapel Muatan Lokal (Mulok) di SMK Texmaco Pemalang, merupakan satu kiat membekali siswa agar setamat sekolah memiliki ketrampilan berwirausaha.

Di sekolah kejuruan ini, Mulok diimplementasikan pada semua kompetensi kejuruan yang ada. Yaitu Teknik Pembuatan Kain; Teknik Penyempurnaan Textil; Teknologi Garmen; Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Penerapan Mulok sebagai satu keunggulan di sekolahnya diutarakan Marzuki, ST, kepala sekolahnya, Kamis (10/4) kemarin. “Kami terapkan muatan lokal untuk semua jurusan yang ada sebagai pembekalan agar siswa memiliki ketrampilan berwirausaha,” tuturnya.

Menurut Marzuki, penambahan Mulok disesuaikan dengan kebutuhan, atau selaras dengan jurusannya. Sebagai misal untuk Teknik Pembuatan Kain ditunjang dengan pembelajaran Teknik Perajutan dan ATBM. Untuk jurusan Teknik Penyempurnaan Kain ditunjang dengan Mulok sablon dan batik. Teknik Garmen didukung dengan Mulok bordir.

Teknik Kendaraan Ringan ditunjang dengan teknik sepeda motor. Teknik Komputer Jaringan diperkuat dengan pemrograman dan pembuatan web. Sebagai sarana membekali siswa ketrampilan berwirausaha, menurut Marzuki, selain jurusan textil, siswa bisa mengikuti pembelajaran otomotif dan TKJ sebagai ekstra kurikuler.

Sedangkan bagi peserta otomotif juga diberikan pembelajaran ekstra berupa menyetir mobil. Dengan upaya pembelajaran tersebut diharapkan siswa benar-benar memiliki bekal keterampilan setelah lulus ujian nantinya, jelas Marzuki. (Satelitpos- Tri Atmodjo)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: SMK Texmaco Bekali Para Siswanya Berwirausaha Rating: 5 Reviewed By: asri yatno