Latest News
Monday, April 28, 2014

Pemda Disiapkan Rp5,6 Miliar Untuk Revitalisasi Pasar Anyar Pekalongan


Seputar Pemalang - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menganggarkan dana revitalisasi Pasar Anyar sebesar Rp5,6 miliar, kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Pekalongan, Supriyono.

"Rencananya, revitalisasi Pasar Anyar tersebut baru akan mulai dilaksanakan pada 2015," katanya di Pekalongan, Rabu.

Menurut dia, anggaran sebesar Rp5,6 miliar tersebut akan digunakan untuk penataan infrastruktur yang meliputi pembangunan gedung berlantai dua dan sejumlah kios.

Pasar Anyar ini, katanya, nantinya akan dijadikan sebagai pusat jajanan untuk mendukung keberadaan objek wisata "Kampung Batik Pesindon" dan "Kampung Batik Kauman".

"Selain itu, revitalisasi Pasar Anyar ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali produk andalan masyarakat sekitar lebih dikenal lagi ke daerah lain," katanya.

Ia mengatakan revitalisasi Pasar Anyar, nantinya juga akan dijadikan sebagai destinasi wisata baru, yaitu wisata kuliner jajanan khas Pekalongan, termasuk kuliner siap saji untuk mendukung keberadaan Kampung Batik Kauman dan Kampung Batik Pesindon.

"Selain komoditas batik, makanan khas dan minuman atau kuliner menjadi salah satu destinasi yang perlu untuk dikembangkan," katanya.

Ia mengatakan selama ini wisata kuliner masih terfokus di kawasan Alun-Alun sehingga dengan penataan kembali Pasar Anyar bisa memecah keramaian di beberapa titik tanpa mengubah fungsi awal keberadaan pasar tersebut.

"Kami optimistis revitalisasi Pasar Anyar akan menambah daya tarik wisata, apalagi dalam sepuluh tahun terakhir Kota Pekalongan menunjukkan perkembangan ekonomi yang cukup signifikan," katanya.[antarajateng]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemda Disiapkan Rp5,6 Miliar Untuk Revitalisasi Pasar Anyar Pekalongan Rating: 5 Reviewed By: asri yatno