Latest News
Monday, April 28, 2014

Lambang Kota Pekalongan Akan Diubah

Logo lama Kota Pekalongan - IST
Seputar Pemalang - Pemkot Pekalongan berencana mengubah lambang daerah Kota Pekalongan. Lambang daerah Kota Pekalongan saat ini yang terdiri atas canting, motif batik jlamprang, laut berisi tiga ikan dan benteng, dinilai terlalu kaku (tidak luwes) dan tidak sesuai dengan kondisi Kota Pekalongan saat ini.

Lalu, nilai-nilai apa saja yang harus dimasukkan ke dalam lambang daerah Kota Pekalongan yang baru ? Pemkot Pekalongan menggelar Focus Group Discussion (FGD) Perubahan Lambang Daerah, di ruang Kalijaga Setda, Senin (21/4).

FGD Perubahan Lambang Daerah dihadiri Budayawan dan Penyair Taufik Ismail. Selain itu, Usamah Salim Said, mantan wartawan Tempo, Ghufron Hasyim, kepala desk Pantura Suara Merdeka, Putut Wahyu Widodo, Koordinator Redaktur Artistik Suara Merdeka, Fatkhurrohman Noor, pemerhati seni Pekalongan, Arif Dirhamsyah dari Komunitas Heritage Pekalongan serta sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemkot Pekalongan.

Menurut Wali Kota M Basyir Ahmad, lambang daerah yang dipakai saat ini tidak jelas pembuatnya. Ia berharap ada keterlibatan masyarakat dalam proses pembuatan lambang daerah Kota Pekalongan. ''Karena itu lambang daerah akan diubah. Kami ingin lambang daerah yang menyimbolkan pelayanan,'' terangnya.

Taufik Ismail mengusulkan, lambang Kota Pekalongan yang baru nantinya diharapkan memasukkan lima nilai yang mencerminkan karakteristik masyarakat Kota Pekalongan, yakni kerja keras, religius, kedermawanan, ramah dan rasa humor.

Usamah Salim Said menambahkan satu lagi karakteristik masyarakat Kota Pekalongan yang bisa dimasukkan ke dalam lambang Kota Pekalongan yang baru, yakni egaliter.  Sementara itu, Ghufron Hasyim mengatakan, seiring perkembangan Kota Pekalongan yang sangat pesat, memang perlu ada terobosan-terobosan. Ia pun mendukung rencana perubahan lambang Kota Pekalongan tersebut.

''Perlu adanya lambang daerah yang visioner yang mencerminkan kondisi Kota Pekalongan selama sepuluh hingga 20 tahun mendatang,'' kata dia. Menurutnya, lambang Kota Pekalongan yang baru harus komunikatif, sehingga ketika masyarakat melihat, bisa langsung mengenali lambang tersebut adalah lambang Kota Pekalongan.[suara merdeka]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lambang Kota Pekalongan Akan Diubah Rating: 5 Reviewed By: asri yatno