Latest News
Wednesday, April 23, 2014

Kulit Durian 'Disulap' Siswi SMA Pekalongan Jadi Manisan Lezat

Limbah kulit durian yang biasanya tidak terpakai, di tangan terampil siswa-siwsi SMAN 1 Bojong, Kabupaten Pekalongan, ternyata dapat diolah menjadi manisan yang lezat. Tribun
Seputar Pemalang -  Limbah kulit durian yang biasanya tidak terpakai, ternyata dapat diolah menjadi manisan yang lezat oleh siswa-siwsi SMAN 1 Bojong, Kabupaten Pekalongan.

Untuk diketahui, Kabupaten Pekalongan merupakan satu dari beberapa daerah di Indonesia penghasil buah durian.

Nairul Rizqi (18), siswi Kelas XII IPA 2, mengaku awal mula ide tersebut muncul ketika melihat banyak limbah durian yang tidak digunakan di daerahnya.

Dirinya, dibantu enam rekannya kemudian memutar otak untuk mengolah limbah tersebut menjadi barang yang bermanfaat. Hingga akhirnya muncullah ide manisan yang mereka gunakan.

Cara pembuatan Manisan Kulit Durian cukup mudah. Warga Desa Duwet, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, tersebut menjelaskan awal mulanya siapkan limbah durian dan didihan air.

Ambil bagian kulit ari paling luar buah durian yang berwarna putih, kemudian cuci menggunakan air bersih untuk selanjutnya direndam menggunakan air kapur.

Perendaman menggunakan air kapur yang memakan waktu sekitar 10-20 menit itu, dimaksudkan agar lendir pada bagian kulit ari tersebut hilang.

Tugas selanjutnya adalah membuat karamel. Proses pembuatan karamel berasal dari gula pasir dicampur sedikit air mendidih, kemudian diaduk terus hingga karamel tersebut mengental.

Kalau kedua bahan itu sudah siap, masukan kulit durian yang sudah tidak ada lendirnya itu ke dalam karamel yang telah siap. Aduk terus sampai kering hingga akhirnya manisan kulit durian lezat itu pun siap disajikan.

"Membuat karamel mudah paling 30 menit jadi, yang sulit ngupas kulit arinya karena kita harus ngambil sisi terluar yang hanya 0,5 centimeter, proses pencucian juga perlu berulang-ulang agar lendirnya hilang," tambahnya.

Rencananya, buah karya tersebut akan diusulkan kepada Dinas Perundiustrian setempat agar bisa dijadikan makanan khas Kabupaten Pekalongan dan juga dapat sebagai oleh-oleh asli daerah.[tribun]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kulit Durian 'Disulap' Siswi SMA Pekalongan Jadi Manisan Lezat Rating: 5 Reviewed By: asri yatno