Latest News
Wednesday, April 23, 2014

Kekeringan Melanda Pemalang dan Pacitan

Ilustrasi kekeringan - IST
Seputar Pemalang - Sedikitnya sembilan desa di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, dilanda kesulitan air sejak awal bulan ini. Wilayah terparah yang dilanda kekeringan yaitu Desa Clekatakan.

Baru-baru ini, aliran air sungai yang melalui desa tersebut tampak mulai mengering. Padahal, warga setempat menggunakan air sungai untuk keperluan mandi hingga mencuci pakaian. 

Bahkan, sejumlah warga yang beragama Islam mengaku tak sempurna menjalankan salat lima waktu karena kesulitan mendapatkan air untuk wudu. 

Akibat bencana kekeringan ini, setiap hari warga selalu berebut air pasokan pemerintah daerah setempat karena khawatir tak kebagian. Kecamatan Pulosari menyatakan, pihaknya memang menjatah air bersih satu mobil tangki dengan kapasitas lima ribu liter untuk dibagikan kepada sejumlah desa di wilayahnya. 

Kondisi serupa juga terjadi di Pacitan, Jawa Timur. Warga setempat mengaku, sudah terbiasa dengan kondisi kekeringan sepanjang musim kemarau. Itulah sebabnya, mereka memanfaatkan musim kemarau yang jatuh sejak Maret silam dengan bercocok tanam palawija yang tak banyak membutuhkan air. 

Biasanya, pada musim kemarau seperti ini para petani menanam ketela pohon dan kedelai. Jenis tanaman itu dipilih karena selain perawatannya mudah, juga dapat dijadikan bahan makanan pokok pengganti beras.[liputan6]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kekeringan Melanda Pemalang dan Pacitan Rating: 5 Reviewed By: asri yatno