Latest News
Saturday, April 12, 2014

Di Pemalang Caleg Bagikan Rp 200 Ribu per Pemilih


Seputar Pemalang - Praktik politik uang untuk mempengaruhi pemilih di Pemalang disebut-sebut masih banyak terjadi, namun Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kesulitan memprosesnya. Sejauh ini, belum ada satu kasus pun yang bisa diproses ke wilayah hukum.

“Kemarin ada tim caleg di Moga yang membagikan untuk satu pemilih dua ratus ribu, namun laporan sementara, saksinya hanya satu, jadi kemungkinan tidak bisa diproses,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Pemalang Hery Setyawan SH saat ditemui di kantornya, Jumat (11/4) kemarin.

“Sejauh ini kita hanya memproses satu kasus saja yaitu kampanye yang dilakukan Kepala Desa Tegalmlati. Untuk kepastian dugaan money politics di Moga, kita masih tunggu Panwascam Moga,” katanya.

Dijelaskan, dalam kasus Moga ini ada seorang caleg dari Partai Golkar yang melaporkan ke Panwas, mengenai dugaan politics uang yang dilakukan caleg Golkar lainnya.

Uang dari tim caleg itu diterima oleh warga Bojong yang kebetulan sedang ke Desa Plakaran Moga, yang kemudian diketahui calon legislatif lain dan membawanya ke Panwascam Moga.

“Uangnya lima puluhan ribu empat lembar disteples dan diberikan bukan kepada orang moganya, tetapi orang Bojong Kabupaten Tegal yang kebetulan sedang di sana,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Hery, Panwaskab hanya memberikan pengarahan agar kasus itu bisa ditindaklanjuti. ”Namun belum ada laporan lagi dari Moga apakah bisa dilanjutkan atau tidak, artinya, bisa ada bukti permulaan yang cukup atau tidak kasus itu bisa diproses,” tegasnya. (Satelitpos-Tri Atmodjo)

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Di Pemalang Caleg Bagikan Rp 200 Ribu per Pemilih Rating: 5 Reviewed By: asri yatno