Latest News
Thursday, March 13, 2014

BBM Hoax Gunung Slamet Meletus Buat Warga Purwokerto Panik

Gunung Slamet batuk. ©2014 Merdeka.com
Seputar PemalangMeningkatnya status Gunung Slamet menjadi waspada sejak Senin (10/3) malam lalu, membuat orang-orang tak bertanggung jawab mengirim broadcast BlackBerry Messenger (BBM) berisi kabar yang menyesatkan. BBM ini menyebar di Purwokerto, dan sempat warga panik.

"Banyak broadcast BBM yang menyesatkan dan tidak jelas sumbernya. Saya sering mendapat laporan seperti itu," ujar Kristiono (35), saat ditemui di tempat kerjanya, Selasa (12/3).

Diakuinya, banyak warga panik lantaran ada imbauan sesat yang menuliskan agar mereka bersiap mengungsi. "Broadcast seperti itu tidak sekali saja, tetapi berkali-kali. Akibatnya, banyak yang mengikuti saran tersebut," tuturnya.

Pengalaman serupa juga diakui Dedi (27) warga Baturraden. "Saya sempat bingung, karena malam Selasa kemarin ada broadcast sesat yang mengimbau supaya siap-siap mengungsi," tuturnya.

Sementara itu, dari pantauan di beberapa wilayah kawasan lereng Gunung Slamet, aktivitas warga masih seperti biasa dan tidak terganggu dengan naiknya status Gunung Slamet.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Banyumas, Didi Rudwianto mengimbau masyarakat untuk tetap tenang.

"Setiap saat, kami mendapat informasi langsung dari Pos Pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan dan PVMBG. Hingga sekarang statusnya masih waspada. Jadi jangan sampai percaya pada isu-isu yang tidak jelas," katanya.

Menurutnya, guna menangkis isu-isu yang tidak bertanggung jawab, pihaknya hanya membuka satu informasi resmi. Informasi resmi ini, kata Didi, akan disampaikan melalui camat dan kepala desa (kades).

"Kades diharapkan bisa menginformasikan kepada perangkat. Sehingga perangkat bisa langsung memberikan informasi kepada masyarakat, supaya tidak termakan isu-isu yang tidak bertanggung jawab,"katanya.

Berikut isi dua broadcast hoax yang disebarkan melalui BBM:

"Sekilas info Warga se-jateng khusus y 5 kota: Banyumas, Tegal, Purwokerto, Purbalingga, Ajibarang. Harap waspada Gunung Slamet Telah aktif di pastikan siaga 3 info pusat BPBA. Sebarkan dan harap di siapkan data2, berkas2 penting y untuk kewaspadaan jika tiba2 suruh mengungsi."

"Sekilas info: Warga se_Jateng khususnya 5 kota: Banyumas, Tegal, Purwokerto, Purbalingga, Ajibarang. Harap waspada Gunung kita Slamet telah aktif di pastikan siaga 3 jadi bisa meletus kemungkinan hari jum'at, info pusat BPBA. Sebarkan dan harap di siapkan data2, berkas2 pentingnya untuk kewaspadaan jika tiba2 suruh mengungsi. @walaupun begitu kita tetap berdo'a mudah2an Gunung kita Slamet tetap Slamet seperti namanya, karna smua takdir ada di Tuhan Aamiin.."

[merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: BBM Hoax Gunung Slamet Meletus Buat Warga Purwokerto Panik Rating: 5 Reviewed By: asri yatno