Latest News
Wednesday, March 5, 2014

1,2 Km Aspal Di Pemalang Tertutup Lumpur

Genangan air di jalanan Kendaldoyong Petarukan. SATELITPOST/ TRI ATMODJO
Seputar Pemalang -  Banjir yang membawa material tanah bercampur air di wilayah pantai utara Pemalang, membuat tumpukan lumpur di sejumlah desa. Jika untuk rumah bisa dibersihkan sendiri-sendiri oleh pemiliknya, berbeda ketika menyangkut fasilitas umum, maka warga pun masih harus kerja bakti membersihkannya.

Seperti misal di Desa Panjunan Kecamatan Petarukan, setiap Jumat warga dikoordinir untuk membersihkan material lumpur yang menutup jalanan aspal. Tercatat sepanjang satu koma dua kilometer jalan aspal di sana tertutup lumpur sisa banjir. Sehingga jika dibiarkan, maka dapat merusak jalan.

“Untuk jalan satu sekitar 600 meter-an tertutup lumpur antara 10 hingga 15 sentimeter, sisanya di tiga gang, masing-masing 200-an meter, jadi total 1,2 kilometer yang tertutup lumpur,” kata Kepala Desa Panjunan Jubaedi AMd saat dihubungi, Minggu kemarin.

Sementara untuk lahan pertanian, dijelaskan Jubaedi, dari total 60 hektare sawah yang terendam banjir di Panjunan, setelah dicek oleh Kementerian Pertanian, maka sebanyak 14 hektare harus tanam ulang karena rusak kena banjir. “Kemarin sudah dicek, di Panjunan hanya 14 hektare yang rusak sawahnya, dari total 60 hektare yang terendam,” katanya.

Selebihnya, di Panjunan juga terdapat satu rumah yang roboh akibah banjir dan satu lainnya dapurnya rusak. “Jika untuk rumah yang roboh dan juga satu dapur yang rusak, sudah kita laporkan melalui kecamatan, tetapi sejauh ini belum ada bantuan,” katanya.

Terkait dengan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Petarukan, dijelaskan Jubaedi, dari Desa Panjunan akan mengusulkan dua kegiatan yaitu perbaikan balai Desa Panjunan dan juga peningkatan kualitas jalan tembus antara SMPN 4 sampai ke Desa Pesucen.

“Kondisi jalan itu sekarang makadam. Kalau bisa jadi diperbaiki jadi jalan yang baik, maka anak SMP bisa lebih dekat dua kilo jika hendak berangkat atau pulang sekolah, selain juga untuk menunjang kepentingan transportasi ekonomi dan pertanian masyarakat,” terangnya.[satelitpos]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 1,2 Km Aspal Di Pemalang Tertutup Lumpur Rating: 5 Reviewed By: asri yatno