Latest News
Thursday, February 13, 2014

Warga Pamutih, Ulujami Sang Penjual Ganja Berkedok Tukang Gigi Keliling

Tersangka Pengedar Dan Pemakai Ganja - Satelitpos
Seputar Pemalang - Berawal dari informasi yang didapat dari warga masyarakat tentang adanya dugaan peredaran ganja, pada Selasa (4/2) sekitar jam 14.15 WIB Satuan Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Pemalang berhasil menangkap Rifki Siswanto bin CASMADI (21) yang bekerja sebagai Buruh warga Desa Sidorejo RT 02/3 Comal.

Rifki diamankan di warung makan milik Bu Ida di Dukuh Pejagan Desa Purwosari Comal. Dari tangannya, petugas menyita satu bungkus paket daun ganja kering, satu linting rokok ganja seberat 0,64 gram, dan satu puntung bekas rokok ganja.

Setelah diinterogasi, Rifki mengaku telah mengonsumsi ganja dari hasil membeli dari Mulyono alias Ramul (32) yang bekerja sebagai Tukang Jahit warga Desa Gedeg Rt 08/03 Comal. Saat itu sekitar pukul 14.45 WIB, polisi mendatangi rumah Mulyono, di mana saat polisi datang, dia bersama seorang temannya bernama Wanto alias Dobleh bin Wasrun (35) yang bekerja sebagai tukang tempe warga Gedeg Comal, sedang menghisap rokok ganja di ruang tamu.

Keduanya kemudian diamankan, dan sewaktu dilakukan penggeledahan, diamankan puntung rokok ganja, di saku celana Mulyono alis Ramul dan di laci mesin jahitnya ditemukan tujuh bungkus paket daun ganja seberat 28,56 gram.

Tersangka Mulyono kemudian mengaku dan membenarkan bahwa paket daun ganja sebanyak tujuh bungkus adalah miliknya. Selain itu lintingan yang telah dihisap bersama adalah milik Wanto alias Dobleh yang dibeli darinya dengan harga Rp 20.000. Termasuk ganja yang disita dari tangan Rifki Siswanto juga bersumber darinya.

Pengakuan Mulyono, seluruh daun ganja tersebut dibelinya dari Slamet Giarto alias Baso bin Durjan (28) seorang Tukang Gigi alamat Desa Pamutih RT 03/08, Ulujami, yang sekitar pukul 16.00 WIB ditangkap di rumahnya.

Dari Slamet Giarto, polisi mengamankan barang bukti berupa tujuh bungkus paket ganja seberat 30 gram dan uang tunai sebesar Rp 50.000 dari hasil penjualan ganja. Slamet Giarto mengatakan, dia membeli paket ganja ini dari TGH warga Pekalongan (DPO). 

“Setiap Minggu membeli daun ganja satu kotak seharga Rp 300.000, kemudian saya jual kembali dalam paket kecil dan laku Rp 450.000, lumayan bisa untuk membeli bensin saat keliling sebagai tukang gigi,” kata Slamet yang wilayah operasinya dari Pekalongan sampai Brebes.

Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo SIK menjelaskan, atas perbuatanya para pemakai dijerat dengan Pasal 111 ayat (1) jo. Pasal 127 ayat (1) huruf a UURI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 4 tahun, paling lama 12 tahun dan denda paling sedikit Rp 800.000.000, dan paling banyak Rp 8.000.000.000, selanjutnya tersangka ditahan di Rutan Polres Pemalang.

Sementara untuk pengedar dijerat dengan pasal 114 ayat (1) jo. Pasal 111 ayat (1) UURI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika , dengan sanksi pidana, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

“Selanjutnya guna kelancaran proses penyidikan/pengembangan pemeriksaan, seluruh tersangka ditahan di Rutan Polres Pemalang,” katanya.

Kapolres juga menyampaikan, atas nama pribadi dan pimpinan Polres Pemalang pada kesempatan ini menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada warga yang telah membantu tugas Polri dengan memberikan informasi tentang adanya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika golongan I jenis ganja.

“Diharapkan warga lainya juga meniru dan mencontoh tindakan tersebut, sehingga kemitraan yang baik ini Polri dapat lebih optimal dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya dibidang penegakan hukum.” .[satelitpos]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Warga Pamutih, Ulujami Sang Penjual Ganja Berkedok Tukang Gigi Keliling Rating: 5 Reviewed By: asri yatno