Latest News
Monday, February 10, 2014

Stok Beras Korban Longsor Pemalang Mulai Menipis

Pengungsi Warga Watu kumpul - SATELITPOST/ TRI ATMODJO
Seputar Pemalang - Banjir bandang dan longsor yang melanda 14 desa di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, sudah hampir dua pekan berlalu. Persediaan logistik di Posko Penanggulangan Bencana Alam (PBA) di Balai Desa Cikadu pun kini mulai menipis. Sekitar 2.000 pengungsi masih menanti uluran tangan para dermawan.

"Terutama beras, stoknya semakin menipis," kata Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Watukumpul, Ria Kurniawan, saat dihubungi Tempo, Senin, 10 Februari 2014.
  
Ria mengatakan, tiap hari habis sekitar satu ton beras untuk makan 2.071 warga yang tinggal di belasan pos pengungsian. Dengan asumsi satu ton per hari, stok beras di Posko PBA saat ini diprediksi habis dalam tujuh hari.

Padahal, belum dapat dipastikan sampai kapan para korban bencana itu akan menghuni pos-pos pengungsian. Sebab, banjir bandang dan longsor telah menghancurkan sebagian besar rumah mereka.

"Logistik berkurang terus meski masih ada bantuan yang masuk," kata Irfan Nugraha, mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang membantu pendataan logistik di Posko PBA Cikadu.

Irfan adalah satu dari 150 mahasiswa Unsoed yang kuliah kerja nyata (KKN) di Watukumpul. Mereka datang beberapa hari sebelum terjadi bencana. Kini para mahasiswa itu menjadi relawan.

Banjir bandang dan longsor akibat hujan deras terjadi di kecamatan yang berjarak sekitar 55 kilometer di utara pusat Kabupaten Pemalang itu pada Sabtu malam, 1 Februari. Dari 15 desa, 14 di antaranya terkena bencana, yaitu Tundagan, Bongas, Cikadu, Cawet, Pagelaran, Bodas, Medayu, Tlagasana, Jojogan, Wisnu, Majalangu, Tambi, Gapura, dan Watukumpul.

Data dari Posko PBA Cikadu, ada 429 rumah rusak berat, 78 rumah rusak ringan, dan 372 rumah terancam. Delapan ruas jalan penghubung antardesa rusak dan sebagian ambles. Lima jembatan hanyut dan dua jembatan anjlok.[tempo]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Stok Beras Korban Longsor Pemalang Mulai Menipis Rating: 5 Reviewed By: asri yatno