Latest News
Wednesday, February 26, 2014

Ribuan Pengungsi Watukumpul Korban Longsor Butuh Bantuan

Foto : Satelit Pos
Seputar Pemalang - Ribuan warga pengungsi korban longsor yang terjadi di 14 desa dari 15 desa di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah sekitar awal bulan lalu, mengaku hingga kini masih membutuhkan bantuan, baik berupa makanan, pakaian layak pakai maupun obat-obatan.

Keempat belas dari lima belas desa di Kecamatan Watukumpul tersebut yang saat ini masih mengungsi, yakni Desa Cikadu, Tundangan, Bongas, Cawet, Pagelaran, Bodas, Medayu, Tlagasana, Jojogan, Wisnu, Majalangu, Tambi, Gapura dan Watukumpul.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang, Drs. HM. Wismo MPd saat dikofirmasi PanturaNews.Com, melalui handphonnya terkait kondisi ribuan warga yang merupakan korban longor yang terjadi sekitar tiga minggu lalu, Selasa 25 Februari 2014.

Dia mengatakan, ada sebanyak 2100 warga Kecamatan Watukumpul, yang kini masih bertahan di pengungsian. Lokasi pengungsian itu berada di sejumlah tempat seperti di SD Cikadu 4, gedung olahraga Jojogan, Puskesmas dan rumah-rumah warga.

Lebih jauh dikatakannya, bahwa sampai saat ini mereka yang merupakan korban musibah longsor karena masih berada di lokasi pengsungsian, sehingga masih membutuhkan bantuan dari para dermawan.  "Apapun bentuk bantuan itu dari para dermawan akan kami terima dan disalurkan untuk mereka," ujar Wismo.

Seperti dikutip PanturaNews.Com, Warga korban longsor kini sudah mulai jenuh berada di pengungsian. Hal itu mengingat, kondisi pengungsian yang berdesakan dan minim fasilitas, sehingga anak-anak dan orang tua tidak betah.

"Kalaupun kembali ke rumah tidak mungkin karena rumah sudah tidak bisa ditempati lagi. Sementara, relokasi yang dijanjikan oleh pemerintah, hingga kini belum ada kejelasan sehingga membuat warga korban longsor semakin tertekan dan stres," kata Yulianto (45), salah seorang warga Desa Watukumpul yang berada di lokasi pengungsian.

Menurut Yuli, warga di lokasi pengungsian berharap agar pemerintah segera merelokasi rumah-rumah warga yang terkena longsor sehingga bisa kembali menempati rumahnya masing-masing. 

"Jangan sampai permasalahan ini dibiarkan berlarut-larut, karena warga disini sebagian besar sudah tidak betah dan stres berada di lokasi pengungsian," paparnya.[panturanews]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ribuan Pengungsi Watukumpul Korban Longsor Butuh Bantuan Rating: 5 Reviewed By: asri yatno