Latest News
Monday, February 17, 2014

Ratusan Keluarga Gunungbatu Bodeh Terisolasi

Evakuasi Banjir Di Pemalang - Basarnas
Seputar Pemalang - Ratusan keluarga di Desa Gunungbatu, Kecamatan Bodeh, Pemalang kini terisolasi karena tidak ada lagi akses jalan keluar akibat jembatan Kali Polaga runtuh diterjang banjir bandang, belum lama ini.

Jembatan tersebut berada di sebelah selatan desa yang menghubungan ke Desa Longkeyang, Kecamatan Bodeh. Sedangkan akses jalan yang ke utara melalui Desa Pedagung juga mengalami hal serupa. Karena Jembatan Pedagung juga terbawa banjir bandang pada Minggu (2/2) lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang, Budhi Rahardjo mengatakan, ada ratusan keluarga di wilayah Desa Gunungbatu dan sebagian warga Desa Pedagung yang kini terisolasi. Karena akses jalan berupa jembatan sudah runtuh diterjang banjir bandang. Untuk Jembatan Pedagung yang terbawa banjir sudah terekspos media, tapi untuk masyarakat Gunungbatu belum.

''Masyarakat Gunungbatu itu kini terpaksa menyeberangi sungai di saat air sedang surut untuk keluar desa. Termasuk anak-anak yang bersekolah di Kecamatan Bodeh,'' kata Sekda, kemarin.

Perahu Karet

Menurut dia, berita yang sudah diekspos oleh media adalah warga Dukuh Waringin, Desa Pedagung yang terisolasi karena jembatan hanyut. Kini di lokasi disediakan perahu karet untuk penyebrangan warga. Karena pernah dibuatkan rakit tidak mampu menahan beban berat sehingga terbalik.

Sementara itu menurut Kepala Desa Longkeyang, Sony Hardiyan, akses jalan warga Gunungbatu yang terdekat adalah ke wilayahnya yang berada di sebelah selatan. Sedangkan kalau ke arah utara melewati Jembatan Gantung yang kini juga sudah miring diterjang banjir. 

Jembatan gantung itu menghubungkan ke Dusun Waringin, Desa Pedagung. Karena dua jembatan baik yang di selatan maupun utara tak bisa berfungsi lagi kini benar-benar warga Gunungbatu menjadi terisolasi.

''Hanya bisa keluar desa jika air sungai sedang surut. Tapi pada musim hujan seperti sekarang ini air sungai sering meluap.'' ujar Sony.

Menurut Sony, Kali Polaga memiliki alur yang berkelok-kelok dari daerah atas. Di antara kelokan itu memecah Desa Gunungbatu menjadi dua bagian. Bagian satu di sebelah selatan dan bagian lainnya di sebelah utara. Dulu akses jalan dengan desa lain dihubungkan dengan dua jembatan, tapi akibat banjir bandang dua jembatan itu yang satu putus dan satunya lagi rusak parah.

Kini warga Gunungbatu menghendaki adanya pembangunan jembatan secepatnya. Setelah jembatan runtuh beberapa hari kemudian tidak ada anak dari Gunungbatu yang berangkat sekolah di SMP 2 Bodeh. Karena air sungai meluap terus. Padahal jumlah mereka mencapai seratusan.

Akhirnya orangtua dan pihak sekolah menganjurkan agar anak-anak kos atau diinapkan di rumah warga Longkeyang. Hal itu agar tidak harus bolak-balik menyebrangi sungai untuk pulang dan berangkat sekolah.[suara merdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ratusan Keluarga Gunungbatu Bodeh Terisolasi Rating: 5 Reviewed By: asri yatno