Latest News
Tuesday, February 18, 2014

Ratusan Honorer K2 Pemalang Tuntut Diangkat CPNS

Demo PNS - IST
Seputar Pemalang - Merasa telah mengabdi selama puluhan tahun, ratusan tenaga honorer yang masuk dalam kategori dua (K2) Pemkab Pemalang, mendatangi Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD), Senin, (17/2). Mereka  menuntut  diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang tidak lolos dalam seleksi CPNS beberapa waktu lalu.

Ratusan tenaga honorer K2 yang berunjukrasa di DPRD kemarin, didominasi guru wiyata bhakti Sekolah Dasar (SD), yang sudah mengabdi bertahun-tahun. Sempat ada suasana pilu, karena salah seorang guru wiyata bhakti menangis, saat demo berlangsung.

Wakil Ketua DPRD Pemalang, HM Rois Faisal yang menemui mereka di ruang paripurna sampai bersumpah demi Allah dan Rasulullah,  agar tuntutan ratusan tenaga honorer K2 itu dikabulkan. Faisal berjanji, akan menyampaikan aspirasi itu ke bupati, agar disampaikan ke pemerintah pusat.

Awalnya para honorer K2 ini berkumpul di trotoar depan Kantor Dinas Wakil Bupati Pemalang, mereka kemudian ditemui aparat Satpol PP yang kemudian mengarahkannya ke DPRD. Setelah dikomunikasikan, mereka kemudian diterima oleh HM Rois Faisal yang didampingi Setwan Sugiyanto.

Dialog sempat memanas saat wakil honorer K2, Sabar Saryanto, seorang penjaga sekolah menyampaikan aspirasinya. Saryanto mengatakan, sudah puluhan tahun mengabdi dan masuk daftar honorer, tetapi tidak juga menjadi PNS.

Disampaikan, menjadi honorer K2, Saryanto sempat mengikuti ujian dua kali. Yang pertama pertanyaannya seputar kebersihan, sehingga dia bisa menjawabnya karena sesuai dengan bidang yang dikerjakannya. Tetapi dalam ujian itu dia tidak lulus.

Selanjutnya, dalam ujian yang berlangsung kemarin, dia yang hanya seorang penjaga sekolah dan lulusan SMP, diharuskan menjawab pertanyaan terkait komputer dan sejenisnya. “Kalau ditanya soal kebersihan saya bisalah, saya kan lulusan SMP thok dan tahunya kebersihan, masak disuruh njawab soal komputer, ya jelas tidak bisa,” katanya.

Saryanto selanjutnya berharap, agar mereka bisa segera diangkat karena sudah mengabdi puluhan tahun dengan bayaran yang pas-pasan saja. ”Sebelum honorer K2 dituntaskan, jangan sampai ada rekruitmen atau pengangkatan lagi,” katanya.

Ditemui usai audiensi, Rois Faisal mengatakan, dia akan langsung menyampaikannya kepada bupati dan akan bersama mengawal agar harapan honorer K2 bisa dipenuhi. “Tapi kembali lagi, ini kan kebijakan pusat, daerah hanya bisa mengawal saja,” katanya.

Anggota DPRD dari Partai Golkar Drs Santoso MM MSi mengatakan, di televisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) pernah berjanji akan mengangkat semua honorer secara bertahap. “Ini yang harus ditagih oleh para tenaga honorer ini. Mestinya Menpan konsisten dengan janjinya untuk mengangkat semua tenaga honorer. Saya lihat itu di televisi dan disaksikan jutaan masyarakat Indonesia,” katanya. (Satelit Pos - Tri Atmodjo)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ratusan Honorer K2 Pemalang Tuntut Diangkat CPNS Rating: 5 Reviewed By: asri yatno