Latest News
Sunday, February 2, 2014

Permukiman Terendam, Ratusan Warga Pemalang dan Pekalongan Dievakuasi

Suasana banjir di SPBU Comal Baru - Twitter/ Mohamad_F7
Seputar Pemalang - Sejak pagi tadi ratusan warga yang berada di Pemalang dan Pekalongan terus dievakuasi. Hujan deras yang turun sejak Sabtu (1/2/2014) malam kemarin menyebabkan ribuan rumah terendam air dengan ketinggian hingga lebih dari 100 cm.

Humas Basarnas Kantor SAR Semarang Aris Triyono mengatakan pihaknya mengirim dua tim dikirimkan untuk evakuasi. Tim pertama berangkat ke Pemalang pukul 00.00 untuk mengevakuasi warga di Kecamatan Bodeh dan Kecamatan Apelgading karena dikabarkan tiga rumah hanyut.

"Pukul 03.00 satu tim diberangkatkan ke Kabupaten Pekalongan untuk mengevakuasi warga korban banjir di Desa Langensari, Kecamatan Kajen karena ketinggian air rata-rata 1 meter," kata Aris kepada detikcom, Minggu (2/2/2014).

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang Agus Haryono mengatakan sejak pagi tadi dua tim yang dikerahkan sudah mengevakuasi ratusan orang sedangkan ketinggian air sudah semakin surut.

"Di Kecamatan Ulujami, Pemalang terdapat sedikitnya tiga desa yang tergenang banjir diantaranya desa Pesantren, Sidomulyo dan Kendaloyong. Sebanyak 200 jiwa sudah dievakuasi," tandas Agus.

"Ketinggian air di desa tersebut saat ini antara 30 cm sampai dengan 50 cm. Sudah surut dari ketinggian sebelumnya, 1 meter," imbuhnya.

Sementara itu tim yang berada di kabupaten Pekalongan masih bersiaga di posko BPBD Pekalongan setelah mengevakuasi warga di desa Pantianom, kecamatan Bojong ke balai desa Pantianom.

"Kebanyakan warga sudah mengungsi sejak tadi malam, tapi masih ada beberapa warga yang tetap bertahan di dalam rumah untuk menjaga harta bendanya," ujar Agus.

Banjir di Pemalang terjadi sejak dini hari tadi akibat luapan sungai Comal. Sedangkan banjir di Pekalongan mulai terjadi sejak pukul 21.00 Ssabtu kemarin karena hujan deras.[detik]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Permukiman Terendam, Ratusan Warga Pemalang dan Pekalongan Dievakuasi Rating: 5 Reviewed By: asri yatno