Latest News
Friday, February 7, 2014

Pemalang Kota Juga Ikut Terendam Banjir

Banjir Pemalang - Antara
Seputar Pemalang - Hujan yang turun deras sejak sekitar pukul 05.00 WIB hingga siang di sekitar Pemalang Kota dan juga wilayah selatan membuat aliran Bendung Penggarit yang menuju sungai di Pemalang kota meluap, Kamis (6/2) kemarin.

Mulai pukul 09.00 WIB, warga di tepian Sungai Krengseng bagian barat Jembatan Giyanti, mulai memadati jembatan untuk melihat aliran sungai yang terus meninggi.

Pantauan di Markas Lipes Barat Jembatan Giyanti, ketinggian air terus naik cepat hingga mencapai titik penuh senderan sungai. Naiknya air ini kemudian meluber ke pemukiman di RT 3 RW 4 Kebondalem hingga merendam puluhan rumah warga.

Saat air sudah mulai meluap dari sungai, warga di sana mulai menabuh kentongan kitir untuk memperingatkan dan mengimbau warga agar siaga.

Pantauan SatelitPost, air sungai meluap hingga batas atas senderan sungai yang bersumber dari Bendung Penggarit dan juga curahan air dari atas karena intensitas hujan tinggi dan berlangsung lama membuat sejumlah titik terendam.

Seperti di depan DPU, jalan masuk Jalan Dieng dari Selatan, perempatan Sirandu bagian selatan, sejumlah titik di Kebondalem seperti di Kauman RT 3 RW 4 dan sekitarnya, Jalan Bogowonto, Jalan Beringin. Rendaman air juga parah terjadi di Sugihwaras di mana saat mulai banjir pertama telah terendam banjir.

“Saya lihat dari jembatan Giyanti. Bahkan karena air pasang, banyak anak-anak mandi. Tingginya terus naik. Padahal kalau di sini naik, Kauman pasti terendam, karena senderannya lebih rendah,” kata seorang warga di sekitar jembatan Giyanti, Muhamad Hafit.

Saat air mulai naik dari senderan, sungai mulai masuk pemukiman, warga beramai-ramai memukul kentongan. “Yah sebagai tanda bahaya saja, karena naiknya air sangat cepat. Sepertinya ini akibat hujan yang turun deras terus menerus dan juga limpasan air dari hujan yang turun di bagian atas,” katanya.

Sementara Kepala BPBD Drs H Wismo MPd menuturkan, ketinggian bendung Penggarit masih normal. “Masih normal, mudah-mudahan lekas reda hujannya sehingga tidak sampai merendam banyak rumah,” katanya. [satelitpos]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemalang Kota Juga Ikut Terendam Banjir Rating: 5 Reviewed By: asri yatno