Latest News
Tuesday, February 25, 2014

Melipat Kertas Pemilu, Rata-rata Warga Dapat Rp 1,1 Juta

Sejumlah warga engah menyortir dan melipat Surat Suara di ruangan SLB N 1 Pemalang, kemarin. Jika dihitung rata-rata, mereka akan mendapatkan upah total Rp 1,1 juta per orangnya. SATELITPOST/ TRI ATMODJO
Seputar Pemalang - Sebanyak 600 warga dari 16 rukun tetangga (RT) yang berdekatan dengan Kantor KPU di Jalan A Yani Pemalang dikerahkan untuk kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara. Kegiatan tersebut dipusatkan di Gedung SLB Negeri 1 Pemalang, sejak Minggu (23/2).

Jumlah total surat suara yang ada sebanyak 4.447.036 lembar untuk empat jenis yaitu DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Sehingga dengan upah tiap lembarnya sebesar Rp 150, maka untuk satu orangnya, rata-rata akan mendapatkan uang sekitar Rp 1,1 juta.

Hitungan ini adalah jumlah surat suara yaitu 4.447.036 dibagi 600 warga, sekitar 7.411 lembar dan dikalikan ongkos sortir dan lipat Rp 150, menjadi Rp 1.111.759.

“Kita berikan untuk satu lembarnya Rp 150, sementara untuk jumlah total lembarnya adalah 4.447.036, ini sudah termasuk tambahan 2 persen,” kata Koordinator Divisi Logistik KPU Pemalang Chairul Umam, kepada SatelitPost Senin kemarin.

Disampaikan Umam, jadwal kedatangan surat suara lebih awal dari perkiraan dan jadwal tahapan Pemilu, sehingga akan semakin memudahkan penyiapan logistik  hingga distribusi ke PPK. “Tidak mundur dari jadwal, jadi kita masih punya cukup waktu untuk menyiapkan logistik yang datang,” katanya.

8 Hari Selesai
Mengenai pelaksanaan sortir dan pelipatan suara ini, Umam menjelaskan, untuk satu jenis surat suara diperkirakan akan memakan waktu dua hari. Sehingga jika tidak meleset, dalam jangka waktu 8 hari sudah bisa diselesaikan.

“Kita targetkan memang 10 hari selesai, tapi jika bisa lebih cepat, kan lebih baik. Karena untuk sekarang melipat surat suara DPR RI, diperkirakan selesai hari ini (Senin, red). Sehingga hanya butuh dua hari karena dimulai Minggu,” katanya.[satelitpos]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Melipat Kertas Pemilu, Rata-rata Warga Dapat Rp 1,1 Juta Rating: 5 Reviewed By: asri yatno