Latest News
Thursday, February 27, 2014

KPU Pemalang Ingin Korban Bencana Bisa Gunakan Hak Pilih

KPU
Seputar Pemalang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama dengan Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu, ditemani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas), meninjau langsung lokasi bencana di Watukumpul, Rabu (26/2) kemarin.

Tujuannya, adalah untuk memetakan jalur distribusi logistik dari KPU menuju PPK atau di Kantor Kecamatan Watukumpul, dan juga distribusi lanjuutan ke TPS-TPS, dan selanjutnya ke KPPS atau ke Tempat Pemungutan Suara.

Hasilnya, khusus untuk Balai Desa Cikadu yang mestinya bisa digunakan untuk menyimpan logistik Pemilu untuk didistribusikan ke KPPS di tiap-tiap TPS, akan ditempatkan di Kantor Kecamatan.

“Kemungkinan besar sampai dengan menjelang hari H Pemilu 9 April nanti, Balai Desa Cikadu tidak bisa dipakai untuk menyimpan logistik Pemilu karena masih digunakan untuk keperluan menyimpan bantuan untuk pengungsi, sehingga solusinya akan dikoordinasikan dari kantor kecamatan langsung,” kata Ketua KPU Abdul Hakim SHI kepada SatelitPost, kemarin.

Diperjelas Hakim, karena jarak antara Kantor Kecamatan Watukumpul dengan Desa Cikadu tidak terlalu jauh, maka distribusi ke masing-masing TPS akan langsung dikirimkan dari kecamatan. “Secara teknis masih memungkinkan untuk dikirim langsung dari kecamatan,” katanya.

Hakim juga menyampaikan, kunjungan KPU yang didampingi PPK Watukumpul dan PPS Cikadu ini, juga merumuskan digesernya dua TPS, yang terkena bencana banjir bandang dan longsor sehingga tidak mungkin lagi digunakan.

TPS itu adalah nomor 15 yang mulanya di Dusun Kalilingseng akan dipindah ke SD 04 Cikadu, dan untuk TPS 16 yang semula berada di Dusun Bulu, diturunkan ke SD 03 Cikadu. “Jadi tidak menggunakan formulir A5, karena itu berguna untuk perseorangan yang mau pindah TPS. Ini TPSnya yang kita bedol dan masih di satu desa,” katanya.

Dijelaskan, mereka menuju Kalilingseng dan sempat melihat kondisi pengungsi yang memprihatinkan. Namun yang terpenting bagi penyelenggara pemilu, katanya, adalah untuk menjamin hak pemilih untuk bisa menggunakan hak pilihnya.

“Memang kondisinya memprihatinkan dan saya lihat sudah ditangani maksimal dan sistematis oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang. Prinsip bagi KPU adalah menjamin agar warga yang terkena bencana, bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu mendatang,” katanya. (Tri Atmodjo -Satelitpos)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: KPU Pemalang Ingin Korban Bencana Bisa Gunakan Hak Pilih Rating: 5 Reviewed By: asri yatno