Latest News
Saturday, February 8, 2014

Hati-Hati Informasi Menyesatkan dari Selatan Tentang Bendung Sokowati

Banjir Mojo- Antara
Seputar Pemalang - Bencana banjir dari meluapnya air Sungai Comal membuat warga di kawasan pantura seperti Comal, Ulujami, Petarukan Ampelgading, dan sekitarnya yang akan kebanjiran jika Bendung Sokowati meluap.

Kades Longkeyang, Sony Herdiyan, menjadi salah satu orang yang sibuk menginformasikan segala kejadian alam di daerah Bodeh selatan itu agar para penduduk di wilayah utara bisa bersiap jika memang akan terjadi luapan air.

Namun di tengah kekhawatiran warga ini, rupanya masih ada juga yang iseng dengan memberi informasi yang menyesatkan dengan mengabarkan kondisi selatan tidak dengan data yang sebenarnya.

Dalam SMS yang juga dikirim ke SatelitPost, Sony menyampaikan, dia mengirim ratusan SMS secara bersamaan. “SMS dikirimkan kepada kolega kami dan beliau beliau yang kami anggap bisa menyelamatkan lingkungan sekitarnya guna evakuasi lebih awal bila akan terjadi bencana,” ujarnya.

Dia mengaku, sangat disayangkan bila kemudian informasi ditumpangi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dengan mencatut nama dan menyebarkan berita palsu dan meresahkan.

Dijelaskannya, saat ini beredar berita yang mengaku-ngaku bersumber dari dirinya dan membuat resah masyarakat dengan berita palsu yang menakutkan. 

“Sehingga kami mengimbau, untuk bisa memastikan bahwa informasi yang didapat dari nomor kami di 0811261194 atau di 081226282050. Jika bukan dari nomor ini, berarti bukan dari kami dan bukan tanggung jawab kami,” kata Sony.

Kabar wilayah Bodeh dan pegecekan alur Sungai Polaga ini, SMS terakhir Sony Longkeyang yang diterima SatelitPost tercatat tanggal 6 Februari pukul 23.02 WIB yang menyebutkan hujan sudah reda sejak pukul 20.48. “Status kali polaga normal dan tidak ada aktivitas membahayakan.”

Sementara untuk pengecekan ketinggian bendung Sokowati, sumber resmi bisa menghubungi Penjaga Bendung Sokowati, atau bisa menghubungi BPBD Pemalang.

“Kalau saya kontaknya di Majalangu, yang biasa berkirim kabar, utamanya jika watukumpul diguyur hujan lebat. Karena nantinya berdampak pada pantura termasuk Panjunan,” kata Kepala Desa Panjunan Kecamatan Petarukan Jubaedi Amd. (Tri Atmodjo-satelitpos)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hati-Hati Informasi Menyesatkan dari Selatan Tentang Bendung Sokowati Rating: 5 Reviewed By: asri yatno