Latest News
Tuesday, February 25, 2014

Dokter Digilir Kontrol Pengungsi Watukumpul

Pengungsi di Pos Pustu Cikadu saat sedang makan siang bersama, kemarin. SATELITPOST/ TRI ATMODJO
Seputar Pemalang - Penanganan kesehatan di empat pos pengungsian yaitu di GOR Jojogan, Puskesmas Pembantu Cikadu, Kalilingseng, dan Siranti menjadi urusan paling vital untuk saat ini. Pasalnya, pengungsi tentu mulai melemah daya tahan tubuhnya setelah hampir sebulan berada di lokasi pengungsian.

Karena ternyata pembuatan MCK di pos pengungsian, yang sudah selesai baru di Pos Kalilingseng yaitu 10 unit. Sementara untuk pos Pustu Cikadu baru dilaksanakan Senin (24/2) kemarin.

“Yang sudah jadi 10 MCK di Kalilingseng, rencananya tadi atau besok Senin baru membuat MCK yang di Pustu Cikadu. Yang membuat dari BPBD dibantu Koramil dan juga dikawal staf saya bagian sanitasi,” kata Kepala Puskesmas Watukumpul dr Mustofa, saat dihubungi per telepon Minggu (23/2).

Disampaikan Mustofa, ada kecenderungan kondisi kesehatan pengungsi menurun karena mereka harus berada di satu tempat dengan ratusan warga lain. Ada kecenderungan mereka akan saling tertular infeksi, ISPA dan sejumlah penyakit lain.

Selain itu, ditambahkan Mustofa, tiap hari dokter se-Pemalang juga dipiket, tiap hari dua dokter dengan membawa alat periksa, untuk mengontrol pengungsi. Dokter itu hanya membawa alat periksa, karena obatnya dari Puskesmas Watukumpu. “Di empat pos pengungsi, tiap pos dua orang, kemudian untuk dokter se-Pemalang, tiap hari dua dokter, sudah terjadwal.”

Mustofa menambahkan, untuk semua jenis pelayanan kesehatan baik itu berobat obat jalan, rawat inap, persalinan, semuanya gratis. (Tri Atmodjo-Satelitpos)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dokter Digilir Kontrol Pengungsi Watukumpul Rating: 5 Reviewed By: asri yatno