Latest News
Thursday, February 27, 2014

500 Lembar Kertas Surat Suara Rusak

Foto - Tri Atmojo Satelit pos
Seputar Pemalang - Sampai dengan Rabu (26/2) kemarin pukul 12.00 WIB, KPU telah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi. Dari sana diketahui, jumlah surat suara yang dilaporkan rusak mencapai angka 500 lembar.

Rinciannya, surat suara DPR RI untuk penyortiran 23 Februari sebanyak 97 lembar rusak, dan tanggal 24 Februari mencapai 197 lembar. Sehingga untuk surat suara DPR RI yang rusak totalnya 294 lembar.

Sementara untuk surat suara DPRD Provinsi yang disortir tanggal 25 Februari ditemukan yang rusak 144 lembar, dan untuk 26 Februari yang rusak 62 lembar sehingga total mencapai 206 lembar kerusakan.

“Total kerusakan untuk DPR RI dan DPRD Provinsi adalah 500 surat suara. Nanti setelah semua selesai, akan kita laporkan ke KPU Provinsi untuk dimintakan kekurangannya sesuai jenis yang rusak,” kata Kasubag Umum Sekretariat KPU Etik Tri Kristiyoso BA yang didampingi petugas data gudang, Waryoto, Rabu (26/2) kemarin.

Dijelaskannya, kerusakan surat suara ini kebanyakan adalah kasus tinta yang tercecer di muka surat suara, dan selebihnya adalah surat suara yang sobek. 

“Kerusakan ini sangat teknis dan kemungkinan terjadi saat pengepakan, karena ada satu tumpuk, di atasnya tinta tebal, terus juga merembes tintanya ke surat suara di bawahnya hingga tembus sampai sepuluh surat suara. Ada juga yang sobek di bagian pinggir, kemungkinan saat pengepakan,” katanya.

Disampaikan, karena jumlah surat suara sudah pas yaitu jumlah sesuai DPT ditambah 2 persen, maka dengan ditemukannya surat suara yang rusak dalam penyortiran ini, akan segera dilaporkan untuk bisa dikirim lagi ke Pemalang.

“Tetap dilaporkan, karena memang surat suara yang kita terima sudah sesuai DPT dan tambahan cadangan 2 persen. Sehingga jika ada yang rusak begini, akan kita laporkan agar diganti,” katanya.

Berita sebelumnya, KPU Pemalang telah memulai menyiapkan surat suara dengan melibatkan 600 warga dari 16 RT di sekeliling Kantor KPU sejak Minggu (23/2) kemarin menggunakan sejumlah ruangan di SLB N 1 Pemalang. (Tri Atmodjo-satelitpos)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 500 Lembar Kertas Surat Suara Rusak Rating: 5 Reviewed By: asri yatno