Latest News
Saturday, February 1, 2014

14 Mantan Kepala UPPK Pemalang Divonis 14 Bulan

Ilustrasi - IST
Seputar Pemalang - Sebanyak 14 mantan Kepala Unit Pengelola Pendidikan Kecamatan (UPPK) di Kabupaten Pemalang, akhirnya divonis masingmasing 14 bulan penjara dan denda sebesar Rp 50 juta oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang. Mereka saat ini mendekam di tahanan LP Kedungpane Semarang.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Pemalang, Marvelous SH kepada wartawan, Rabu (28/1) kemarin mengungkapkan, ke-14 terpidana itu tersangkut kasus dana block grant untuk perbaikan sekolah dasar (SD) di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pemalang Tahun 2012. Sebagian dana sudah dikembalikan beserta 1 unit mobil yang disita oleh Kejaksaan Negeri Pemalang.

Kasus ini mulai terendus pada akhir tahun 2012, hingga kemudian dimulai persidangan pada pertengahan tahun 2013 di Pengadilan Tipikor Semarang. Mereka masing-masing berinisial SD, SS, Sht, C, T, Sy dan IT yang disidang pada berkas I, sedangkan untuk berkas II yaitu Mg, IM, Shs dan Sg.

Masuk berkas III adalah Syt dan CSD sedangkan yang masuk berkas IV adalah berinisial SM serta 1 orang lagi berinisial OS yang telah menjalai persidangan dan divonis lebih dulu yang juga menghuni di LP Kedungpane Semarang, dipidana dengan jeratan pasal 3 UU Nomor 31 tahun 2009 tentang Tipikor.

Disampaikan Marvelous, kasus ini telah memakan waktu kurang dari dua tahun. Hingga pertengahan Januari 2014 perkara tersebut akhirnya dapat diputuskan oleh Pengadilan Tipikor Semarang.

Dalam kasus tersebut, sesuai hasil pemeriksaan BPK, negara dirugikan hingga Rp 2,3 miliar. Disampaikan pula oleh Marvelous, dalam kasus korupsi lebih memprioritaskan pada pengembalian aset negara.

“Namun demikian proses hukum bagi pelakunya tetap harus terus dilakukan. Sepanjang kita bisa menghindari tindak korupsi, maka hindarilah,” kata Marvelous.

Disebutnya, pelaku korupsi bisa terjerat hukum dalam tiga kategori, yaitu pelaku langsung, tidak melakukan tetapi ikut menikmati dan perencananya atau aktor intelektual.(Satelitpos-Tri Atmodjo)

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 14 Mantan Kepala UPPK Pemalang Divonis 14 Bulan Rating: 5 Reviewed By: asri yatno