Latest News
Wednesday, January 29, 2014

Tujuh Kecamatan di Pemalang Terendam Banjir

Evakuasi banjir Mojo Ulujami - Tribun Jateng
Seputar Pemalang - Hujan deras yang turun sejak Senin malam 27 Januari sampai Selasa dinihari 28 Januari 2014 menyebabkankan beberapa sungai di kabupaten Pemalang meluap dan mengakibatkan banjir. 

Berdasarkan data yang ada di Kantor Kesbangpolinmas Kabuapaten Pemalang, sampai pukul 16.30 WIB, dilaporkan banjir menggenangi 33 desa di 7 kecamatan yakni Kecamatan 

  • Ulujami, 
  • Comal, 
  • Ampelgading, 
  • Bodeh, 
  • Petarukan, 
  • Taman, 
  • Pemalang. 

Kecamatan Petarukan 10 desa, Ampelgading 5 desa, Comal 8 Desa, Ulujami 3 desa, Pemalang 3 desa, Bodeh 1desa, dan Taman 3 desa. Ketinggian air dari 30 cm sampai 150 cm.

Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Pemalang Drs Tutuko Raharjo, MSi menjelaskan daerah yang terendam mungkin masih bekembang. Karena data masih bersifat sementara dan belum semua laporan masuk. 

Kondisi terparah ada di 3 desa di kecamatan Ulujami yakni Desa Mojo, Pesantren dan Limbangan. 

Di Desa Mojo , Sungai comal yang meluap sejak Senin pagi dan sempat menggenangi rumah warga sempat surut pada senin siang. 

Namun menurut Wahid sutrisno, Kepala Desa Mojo, pada Senin malam sekitar pukul 23.00 air datang lagi dan sekitar pukul 04.00 Selasa pagi sudah menggenangi rumah warga. Sejumlah 1100 rumah terendam, 1300 KK dan 4099 jiwa mengungsi. Banjir di Mojo juga menggenangi 50 h sawah, 150 ha Tegalan 300 ha tambak bandeng dan udang Vaname.


Di Pesantren banjir menggenangi 1003 rumah dan 1350 kk serta 5660 jiwa, dan di Limbangan 1295 rumah terendam 1700 kk dan 5746 jiwa menjadi korban. Sementara untuk daerah lain banjir sempat menggenangi rumah, namun Selasa siang air sudah surut. 

Di Kecamatan Ulujami didirikan 5 dapur umum dan 2 diantaranya berada di Desa Mojo. Tim SAR, bersama dengan BPBD, TNI, POLRI, Kesbangpolinmas, PMI, Puskesmas , dan MUSPIKA langsung bergerak untuk memberikan bantuan. Termasuk melakukan evakuasi terhadap penduduk. Tidak semua warga mengungsi, karena ada warga yang tetap tinggal di rumah untuk menunggui harta bendanya.[pemda]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tujuh Kecamatan di Pemalang Terendam Banjir Rating: 5 Reviewed By: asri yatno