Latest News
Sunday, January 19, 2014

Ratusan Rumah Di Pemalang Terendam Banjir

Derasnya aliran air yang mengalir ke jalan - Facebook
Seputar Pemalang -  Hujan lebat sehari semalam mengakibatkan ra­tusan rumah terendam banjir di Kelurahan Sugihwaras, Ke­cama­tan Pemalang dan Desa Samong, Tasikrejo, Blendung, Ketapang, Lim­bangan dan Mo­jo, Keca­ma­tan Ulujami, Pe­malang,  kemarin.

Di Kelurahan Sugihwaras, ban­jir terjadi di Dukuh Tan­jung­­sari dan Silopor. Di wila­yah itu ada 86 rumah terendam banjir setinggi 70 cm. De­mikian pula di Ulujami se­banyak puluhan rumah, bahkan sejumlah tambak udang bandeng terkena luapan Sungai Comal.

Bupati Junaedi bersama Ba­dan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD), muspika dan perangkat desa meninjau ke lokasi musibah. Menurut Bupati, warga harus diungsikan karena lokasi mereka berada di pinggir sungai dan ketinggian air hingga sore kemarin belum surut. Adapun hujan kemungkinan masih terus turun.

”Kami utamakan dulu me­nyelamatkan penduduk untuk diungsikan serta menyiapkan kebutuhan dasar mereka. Dapur umum dan penampungan sudah disiapkan di Balai Kelurahan Sugihwaras dan SD 2 Tanjung­sari,” katanya.

Dapur Umum

Bupati juga menengok para korban banjir di Ulujami. Berda­sarkan laporan yang masuk tambak bandeng yang terendam banjir mencapai puluhan hektare termasuk sejumlah rumah penduduk. Untuk penanganan banjir di Sugihwaras, kata Bupati, perlu dibuatkan tanggul Sungai Kali Malang dan Serengseng. Karena jika meluap seperti kemarin bisa langsung menggenangi permukiman padat penduduk.

Camat Pemalang, Mu’minun di­dampingi Lurah Sugihwaras, Febri Su­jatmiko mengatakan, jumlah warga di Sugihwaras yang di­ungsikan sekitar 500 orang. Me­reka adalah warga RW 5 dan RW 7. Dapur umum juga sudah siap. Di RW 5 juga terdapat dua rumah roboh akibat angin kencang milik Yanto (26) dan Ahmad Saefu (30).

Kepala BPBD Pemalang, Wis­mo mengatakan, selain banjir juga terjadi tanah longsor yang melanda jalan Desa Bodas menuju ke Kecamatan Watukumpul sepanjang 30 meter dengan kedalaman 35 meter. Juga tanah retak di Desa Bongas dan Cikadu yang mengancam 40 keluarga.[Suaramerdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ratusan Rumah Di Pemalang Terendam Banjir Rating: 5 Reviewed By: asri yatno