Latest News
Saturday, January 18, 2014

Pemalang Bersiap Antisipasi Banjir

Foto - Satelit pos
Seputar Pemalang - Bencana banjir yang saat ini banyak terjadi di sejumlah wilayah di tanah air, mendorong jajaran Kepolisian Resor Pemalang menggelar simulasi penanganan korban banjir. Simulasi dilakukan di sekitar muara TPI Tanjungsari Pemalang dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang, Kamis (16/1) kemarin.

Kapolres Pemalang AKBP Dedi Wiratmo SIK didampingi sejumlah instansi seperti Lanal, Kodim, BPPD dan jajaran terkait, menjelaskan, simulasi dilakukan untuk mengecek kesiapsiagaan personil polisi dan juga instansi terkait dalam penanganan bencana banjir.

“Kita berdoanya Pemalang tidak kena banjir, tetapi jika memang terjadi, kita harus siap, sehingga dengan acara ini diharapkan personil terkait siap, dan warga juga bisa bersikap tepat untuk turut membantu tugas evakuasi,” kata Dedi.

Disampaikan Kapolres, inti penting dari penanganan bencana banjir adalah tidak panik dan cepat bertindak menyelamatkan korban manusia. “Harta benda silakan diamankan yang bisa diselamatkan, tapi yang paling utama adalah nyawa manusia,” katanya.

Kapolres juga menambahkan, daerah rawan banjir di Pemalang yaitu di Mojo Ulujami dan juga Sugihwaras Pemalang. “Ada dua daerah rawan banjir. Yaitu di Mojo Ulujami dan Sugihwaras Pemalang. Namun begitu, 14 polsek sudah saya instruksikan untuk siaga terhadap bencana di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Kepala BPPD, Drs Wismo MPd melalui Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Pemalang, Agus Tri Pranoto kepada wartawan menjelaskan, mereka turut dilibatkan oleh Polres Pemalang dalam kegiatan simulasi penanganan bencana banjir.

“Kami hanya dilibatkan, dan kita sangat terbantu dengan kegiatan ini karena akan lebih menguatkan kewaspadaan dan juga bisa menguatkan protap jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir,” katanya.

Simulasi dimulai dengan ditabuhnya kentongan kitir empat kali berturut-turut oleh polisi yang berlaku sebagai warga sambil teriak-teriak banjir. Dalam simulasi, ada empat warga yang terjebak banjir dan terapung di air dalam dengan memegang alat seadanya yang bisa mengapung.

Berikutnya, tim kepolisian dan dari BPBD menggunakan perahu karet melakukan evakuasi.

Selanjutnya tim penolong juga bergantian membawa korban lainnnya ke daratan. Berikutnya, para korban langsung dilarikan ke rumah sakit. (Tri Atmodjo-satelitpos)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemalang Bersiap Antisipasi Banjir Rating: 5 Reviewed By: asri yatno