Latest News
Thursday, January 23, 2014

Kerugian Banjir di Pemalang Hampir Rp 6 Miliar

Kawasan Tambak Desa Ketapang Ulujami yang ludes di timpa banjir -- Foto:Didi
Seputar Pemalang - Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Heru Sudjatmoko mendatangi korban banjir di Tasikrejo Kecamatan Ulujami Pemalang, Selasa (21/1) kemarin. Didampingi Bupati Junaedi SH MM dan jajaran ekskutif, Wagub Jateng sempat berdialog dengan masyarakat di Aula Pendopo Desa Tasikrejo.

Heru saat itu menyampaikan harapannya agar masyarakat juga sabar dan bersama-sama memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam menjalani segala macam bentuk kehidupan. “Bencana banjir ini juga harus disyukuri dengan sabar, sehingga mudah-mudahan segera berlalu dan bisa normal lagi dan ke depan kita diberi limpahan rejeki yang banyak,” kata Heru yang diamini warga.

Sebelumnya, Wagub juga mendapat paparan dari Pemkab yang disampaikan Sekda Drs Budhi Rahardjo MM saat transit di Pendopo Kabupaten. Wakil Gubernur dilapori sejumlah dampak bencana.

Seperti 2.344 hektare tanaman padi yang sedang ditanam di 40 desa di wilayah 7 kecamatan di Pemalang terendam air. Imbasnya, petani merugi karena tanamannya mati. Sebagian besar umur tanamannya sekitar 7-15 hari, sehingga apabila tergenang hingga 3 hari, maka tanaman akan mati.

Jika ditotal, kerugian atas matinya padi yang sedang ditanam di Kecamatan Pemalang, Petarukan, Comal, Taman, Ulujami, Bodeh, dan Kecamatan Ampelgading, ini mencapai Rp 3.984.800.000. Sementara untuk tambak bandeng dan udang, kerugian mencapai Rp1.904.000.000 lebih dengan tenggelamnya 383 hektare tambak di 10 desa di Kecamatan Pemalang, Petarukan, dan Ulujami.

Sehingga total kerugian untuk pertanian dan tambak yang tenggelam mencapai Rp 5.988.800.000, atau hampir Rp 6 miliar. Demikian dipaparkan Sekda Pemalang Drs Budhi Rahardjo MM kepada rombongan Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko yang meninjau penanganan bencana dan memberikan bantuan kepada korban bencana kebanjiran, Selasa (21/1) kemarin.

Turut dilaporkan, banjir juga membuat ratusan rumah tenggelam dan membuat warga mengungsi. Sabtu 18 Januari, terdapat 357 jiwa mengungsi yang terbagi, di Kelurahan Sugihwaras 322 jiwa, dan di Kelurahan Kebondalem 35 jiwa. Mereka ditampung di Aula Kelurahan Sugihwaras, Kebondalem, Kodim, SD Negeri 2 Tanjungsari.

“Di Sugihwaras 245 rumah tergenang, Samong Ulujami 195 rumah, dan di Tasikrejo Ulujami mencapai 926 rumah dan Kaliprau Ulujami mencapai 126 rumah. Melengkapi data itu, masih di Ulujami ada juga rumah terdampak banjir yaitu di Limbangan, Ketapang dan Blendung Kecamatan Ulujami.”

Sementara dilaporkan, banjir juga mengakibatkan 3 rumah di Kelurahan Sugihwaras roboh yaitu 2 rumah di RT3 RW 5, dan 1 Rumah di RW1 Perumahan Nelayan. “Sedangkan korban jiwa sampai saat ini tercatat satu orang atas nama Fabio Linggar Patri Umur 2 Tahun Alamat RT3 RW1 Desa Kandang Kecamatan Comal akibat terperosok parit belakang rumah yang tergenang banjir.” (Tri Atmodjo-SATELITPOS)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kerugian Banjir di Pemalang Hampir Rp 6 Miliar Rating: 5 Reviewed By: asri yatno