Latest News
Thursday, January 30, 2014

Jalan Lingkar Selatan Pemalang Seperti Kolam

Perbaikan di Jalan Pantura Ulujami : Foto @SatlantasresPML
Seputar Pemalang -  Saat musim hujan, jalur lingkar selatan (JLS) yang termasuk jalur lama di Pemalang, kondisinya seperti kolam. Banyak lubang jalan di jalur ­pantura itu yang tergenang.

Kerusakan jalan sangat parah, bahkan mobil dan pengguna sepeda motor harus ekstra hati-hati untuk lewat jalan itu.

Hal itu disebabkan sejumlah ba­dan jalan rusak dan tergenang air. Mei, salah satu pemilik wa­rung di tepi jalan lingkar selatan me­ngatakan, kerusakan su­dah ter­jadi sejak lama. Perbaikan hanya dilakukan penambalan jalan.

Namun penambalan tersebut tidak bisa bertahan lama. Jika terkena hujan, jalan kembali rusak dan muncul kubangan air. Akibatnya, tak jarang pengendara motor ataupun sepeda terjatuh karena terperosok lubang.


Foto : @SatlantasresPML
Kerusakan jalan antara lain terjadi dari pertigaan Beji ke selatan hingga pertigaan Banjardawa, Ke­camatan Taman. 

Namun un­tuk area paling parah terjadi di se­panjang jalan depan Rumah Sa­kit Islam (RSI), dengan panjang kerusakan sekitar dua kilometer.

Bahkan di sepanjang jalur tersebut tidak terlihat aspal yang utuh, karena sudah mengelupas.

"Di beberapa lokasi sudah menjadi kubangan dan jalannya tidak terlihat karena tertutup genangan. Warga di sini sudah jenuh melihat kondisi jalan yang seperti ini," tandas Mei, kemarin.









As Roda Patah

Rastoyo, salah satu pengemudi truk yang sedang melintas ja­lur tersebut mengatakan, sepanjang jalur pantura, dari Peka­long­an hingga Pemalang, sebagian be­sar kondisinya rusak. Hal ter­sebut sangat membahayakan pengguna jalan, khususnya bagi pengendara sepeda motor. Bah­kan beberapa kali terjadi kecelakaan sepeda motor karena terperosok lubang jalan.

Selain itu, truk yang bermuatan berat sering patah as roda, karena lubang yang dilewati dalam dan lebar.

"Namun kerusakan paling parah terjadi di jalur pantura lingkar selatan Pemalang ini. Ini sudah bukan lubang, tetapi seperti kolam. Kalau kondisinya se­perti ini, lokasi ini bisa dijadikan kolam ikan," kata Rastoyo.

Pengawas Lapangan Bina Marga, Pejabat Pembuat Ko­mit­men (PPK) 06 Tegal Pemalang dan Pekalongan, Saudara Si­mar­mata mengemukakan, pihaknya segera melakukan penambalan di sepanjang jalur pantura Tegal hingga Pekalongan karena itu merupakan wilayah kerjanya.

Penambalan dilakukan sece­patnya dengan mengerahkan empat tim dengan harapakan pekerjaan cepat selesai.

Untuk kerusakan jalur pantura lingkar selatan Pemalang bukan tanggung jawab pihaknya, karena telah diserahkan kepada pe­merintah daerah.

"Jalur pantura lingkar selatan masuk wilayah PU Pemalang," papar Simarmata.[suaramerdeka]


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jalan Lingkar Selatan Pemalang Seperti Kolam Rating: 5 Reviewed By: asri yatno