Latest News
Thursday, January 30, 2014

Dua Rumah di Petarukan Roboh, 300-an Warga Mengungsi

Evakuasi banjir Mojo-Ulujami- Satelit Pos
Seputar Pemalang - Meluapnya Sungai Comal yang melebar hingga sejumlah sungai cabangan seperti Sungai Jemuran yang melewati Desa Temuireng Kecamatan Petarukan, Selasa (28/1) dinihari, membuat 140 rumah di Desa Temuireng terendam air.

Rendaman air yang mencapai tinggi hingga di atas lutut ini memaksa sebanyak 300-an warga yang berada di dusun 2, 3, 4, 5 ini mengungsi ke tempat yang lebih aman. Bahkan, derasnya air yang menggenangi pemukiman warga juga merobohkan dua rumah warga, yaitu milik Ramuji di RT 24 dan milik Taryun di RT 30. Keduanya di wilayah RW 30 Desa Temuireng.

Sejauh ini, sejumlah bantuan sudah mengalir, namun sifatnya baru darurat. Itu pun belum maksimal menjangkau seluruh korban. Sebab warga mengungsi hanya di rumah penduduk lain yang tidak terendam air, sehingga kesulitan akses dan pedataan.

Untuk dua rumah yang roboh, Pemerintah Desa Temuireng hanya bisa memastikan tidak ada korban jiwa. Warga yang kehilangan rumah, bisa mendapatkan tempat berteduh sementara.

“Sebanyak 140 rumah terendam, dua di antaranya roboh, 300-an warga mengungsi. Sementara sudah ada bantuan masuk, cumanbelum merata distribusinya,” kata Kepala Desa Temuireng Sugeng Riyadi di pusat kendali penanganan banjir di Balai Desa Temuireng Petarukan, Rabu (29/1) kemarin.

Anggota DPRD Pemalang Drs Bambang Agus Rohim, yang berkesempatan mengunjungi korban banjir di Temuireng selanjutnya menghubungi pihak terkait untuk memastikan penanganan di Temuireng sudah dilaksanakan.

“Sudah kita hubungi Ketua BPBD Pak Haji Wismo, kita koordinasikan agar distribusi bantuan juga merata hingga ke Temuireng, karena warga mengungsi di sini saja mencapai 300 orang. Kita dapat gambaran penanganan yang sudah dilaksanakan,” katanya.

Bambang Agus Rohim yang juga membawa bantuan 10 kardus mi instan ini kemudian menghubungi Dinsosnakertrans, terkait bantuan untuk perbaikan dua rumah yang roboh.

“Ini pak kades, sudah kita hubungi Kabid Sosial Dinsosnakertrans Slamet Siswoyo, nanti dibuatkan saja laporannya terkait korban bencana banjir termasuk dua rumah yang roboh itu, ditujukan kepada Kepala BPBD, agar biar bisa langsung diteruskan ke pihak terkait termasuk Dinsosnakertrans,” kata Bambang Agus Rohim kepada Kades Temuireng. (Satelitpos - Tri Atmodjo)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dua Rumah di Petarukan Roboh, 300-an Warga Mengungsi Rating: 5 Reviewed By: asri yatno