Latest News
Thursday, January 30, 2014

Di Panjunan, 246 Rumah Terendam

Warga Mojo Ulujami membersihkan lantai rumah - Satelitpos
Seputar Pemalang - Sebanyak 246 rumah yang berada di Dukuh Kedokan Kapal dan Dukuh Sokorejo Desa Panjunan Kecamatan Petarukan terendam air dari luapan sungai Comal Selasa (28/1). Namun begitu, sejauh ini belum ada bantuan dari pihak terkait kepada warga di sana. Bantuan yang sudah sampai baru dari Kecamatan Petarukan yang disampaikan Camat Tarjono berupa lima dus mi instan.

Kepala Desa Panjunan Jubaedi AMd Selasa sore, bahkan sudah menghadap ke Sekda Drs Budhi Rahardjo MM, yang mendapat kabar bantuan akan disalurkan ke warga sesegera mungkin. “Saya sudah menghadap ke Sekda, tetapi sampai dengan sekarang bantuan belum datang juga,” kata Jubaedi, Rabu (29/1) kemarin.

Selanjutnya disampaikan Jubaedi, warga secara swadaya membantu tetangganya yang membutuhkan berbagai keperluan, termasuk makanan. “Di sini tidak ada barang pengungsian yang disatukan, masing-masing mengungsi ke rumah saudara atau tetangganya yang relatif lebih kering.”

Dijelaskan Jubaedi, posisi Desa Panjunan memang dibelah Sungai Comal, yaitu Dukuh Kedokan Kapal di sebelah utara Sungai Comal dan Dukuh Sokorejo di sebelah selatan Sungai Comal.

“Kedua dukuh ini yang paling parah, yang di Kedokan Kapal sebanyak 171 rumah terendam hingga kedalaman bervariasi hingga tertinggi 70 sentimeter, sementara di dukuh Sokorejo 75 rumah terendam dengan rendaman bervariasi antara setengah meter sampai 60 sentimeter.”

Selain pemukiman warga, satu sarana pendidikan yaitu SMPN 4 Petarukan yang berada di Panjunan juga terendam air, sehingga siswanya diliburkan. “Ini bukan dari air hujan yang turun di sini, tetapi dari luberan Sungai Comal yang membludak dan menggenangi pemukiman,” katanya.

Disampaikan juga, bahwa pada Selasa kemarin sempat  dilakukan evakuasi terhadap beberapa korban banjir yang terjebak di rumah warga, sehingga harus dibantu perahu karet. “Kemarin dari Kecamatan datang, dari BPBD menengok saja, dan dari Koramil justru yang aktif mendata korban banjir dari rumah ke rumah.”

Selanjutnya Jubaedi berharap Pemkab turun tangan untuk bisa membantu dan meringankan beban warganya yang sedang kesusahan dilanda banjir. “Ya kita berharap ada bantuan yang datang, baik untuk logistik makanan maupun bantuan lain yang dibutuhkan.” (Satelit pos - Tri Atmodjo)

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Di Panjunan, 246 Rumah Terendam Rating: 5 Reviewed By: asri yatno