Latest News
Thursday, January 30, 2014

Alat Peraga Kampanye Caleg di Desa Mulai Ditertibkan

Alat peraga kampanye - Tribun
Seputar Pemalang - Sebagai tindak lanjut rapat koordinasi di Ruang Pojok Sekretariat Daerah tertanggal 2 Januari 2014 yang dipimpin langsung Sekda Drs Budhi Rahardjo MM, secara serentak Selasa (28/1) kemarin, trantib di desa dan kelurahan didampingi PPK dan PPL menertibkan alat peraga kampanye di wilayahnya masing-masing.

Di sejumlah desa dan kelurahan Kecamatan Pemalang juga demikian, PPL dan PPS juga trantib dan linmas desa mencopoti alat peraga kampanye yang menyalahi ketentuan. Namun penertiban ini bukannya tanpa kendala, karena ada juga trantib dan PPS yang belum sempat terkoordinir secara baik sehingga belum bisa menertibkan bersama PPL.

Seperti di Kelurahan Mulyoharjo misalnya, pihak Panitia Pengawas Lapangan (PPL) sebagai kepanjangan tangan dari Panwaskab Pemalang kerja sendirian tanpa didampingi Trantib dan juga PPS Mulyoharjo, sejak pagi hari. Untungnya, siang harinya, PPS dan linmas bisa dikoordinasi dan bisa turun bersama menertibkan alat peraga.

Ketua Panwascam Pemalang H Taufik didampingi anggotanya Charul Isroen bersama anggota PPL Kelurahan Mulyoharjo, saat istirahat di Mulyoharjo belakang BPD, kemudian mengabari sejumlah pihak, sehingga bisa datang Ketua PPK Pemalang H Maryono, dan sejumlah anggota PPS.

“Ini adalah tindak lanjut dari Rapat yang dipimpin Sekda tanggal 2 Januari 2014, yang inti hasilnya petugas trantib atau linmas didampingi PPS dan PPL menertibkan alat peraga mulai hari ini (Selasa 28/1),” kata Ketua Panwascam Pemalang H Taufik.

Disampaikan Taufik, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Camat Pemalang melalui Sekcam untuk memerintahkan linmas menertibkan alat peraga kampanye. Pada beberaa desa lancar, namun ada juga yang belum jalan. “Akan terus kita koordinasikan sehingga bisa dilaksanakan sebaik-baiknya,” kata Taufik.

Taufik kemudian menyampaikan, dari pantauan yang didapatnya, sejumlah desa sudah selesai ditertibkan seperti Kebondalem, Surajaya dan Pelutan. “Panwas yaitu PPL, PPS mendampingi anggota linmas desa dan kelurahan Surajaya, Kebondalem dan Pelutan. Tiga wilayah ini sudah clear berjalan. Ini kita berhenti di Mulyoharjo, karena masih ada kendala, trantib dan PPS-nya belum nyambung,” jelasnya.

Ketua PPK Kecamatan Pemalang Ir Maryono sendiri menyampaikan, sesuai rapat tanggal 2 Januari 2014, Camat, Ketua Panwascam dan Ketua PPK ikut memantau kegiatan Satpol PP untuk menertibkan alat peraga kampanye. “Sehingga Satpol PP harus bisa mengerahkan kepanjangan tangannya yaitu linmas untuk menertibkan alat peraga kampanye yang menyalahi ketentuan, dengan didampingi PPL dan PPS.”

Dilanjutkannya, semestinya trantib yang bergerak karena saat rapat koordinasi itu sempat keluar statemen bahwa Satpol PP ‘menyerah’ dan tidak bisa menertibkan alat peraga kampanye.

“Seharusnya kita dari PPS dan juga PPL dari Panwas hanya memantau saja, karena porsi penertiban memang dari Pemkab dalam hal ini Satpol dan ke bawahnya Linmas,” lanjut Maryono.

Sementara anggota Panwascam Pemalang Chaerun Isroel menjelaskan, zona pemasangan alat peraga kampanye sementara ini ada banyak yang belum ditentukan karena Lurah atau Kepala Desa yang memunyai wewenang menetapkan, malah banyak yang kebingungan sendiri. “Banyak yang malah bingung sendiri, sehingga kita harapkan bisa segera ditetapkan sehingga bisa tertib,” katanya.[Satelitpos-Tri Atmodjo]

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Alat Peraga Kampanye Caleg di Desa Mulai Ditertibkan Rating: 5 Reviewed By: asri yatno