Latest News
Tuesday, January 28, 2014

Air Sungai Comal Meluap Dinihari

WARGA melewati jalanan yang kembali tergenang air akibat luapan sungai Comal sejak Senin dinihari. SATELITPOST/ TRI ATMODJO
Seputar Pemalang - Debit air Sungai Comal terus naik Senin (27/1) dinihari kemarin. Akibatnya beberapa wilayah di bantaran sejumlah dusun di Desa Purwoharjo, Kecamatan Comal mulai terendam. Naiknya air sungai ini membuat warga setempat terbangun dan siaga. Warga yang kebanyakan pemuda ini terus memantau karena air naik mulai pukul 01.00 WIB.

Untungnya, sekitar pukul 04.00 WIB air mulai surut kembali. “Untungnya tidak hujan, jadi air cepat surut. Diperkirakan air sungai comal ini meluap akibat hujan deras di wilayah selatan,” kata Umar, tokoh pemuda di Dusun Posongan Kelurahan Purwoharjo.

Disampaikan Umar, jika air sampai meluap hingga setengah meter saja, bakalan menggenangi pemukiman warga yang berada di pinggiran sungai. “Untungnya surut, kalau tidak, rumah-rumah akan terendam air,” katanya.

Disampaikan Umar, tohbegitu, warga banyak yang sudah mengevakuasi barang-barang berharganya untuk dibawa ke tempat yang agak tinggi. “Banyak warga yang sudah mengevakuasi barang berharganya,” katanya.

Disampaikan Umar, saat warga siaga menjaga lingkungan pagi dinihari itu, mereka kedatangan Camat Ampelgading Suhirman Ssos MSi. “Kami kaget juga pak camat datang, ya sekalian bareng- bareng lihat banjir,” katanya.

Dampak lain dari meluapnya air Sungai Comal ini di antaranya ada rumah yang kerobohan pal atau penengyang tertarik air yang membawa sampah. “Rumah punya pak slamet kerubuhanpal. Untungnya rumah itu sedang kosong, jadi tidak ada korban jiwa,” katanya.

Tinggi Air Bendungan Sokawati Capai 4,2 Meter
PESISIR pantai di daerah Kecamatan Ulujami dan Comal siaga satu menyusul naiknya debit air di Bendungan Sokawati hingga 4,2 meter, sekitar pukul 01.30 WIB, Senin (27/1) kemarin.

Imbasnya di daerah pesisir, air mulai meluap lagi dan menggenangi sejumlah permukiman di Desa Mojo, Desa Pesantren dan sejumlah desa lain di Kecamatan Ulujami.

Bahkan tanggul yang dibuat di sepanjang 25 meter di Desa Pesantren dan di Desa Mojo harus jebol dan Senin siang diperbaiki warga dengan menambal lagi tanggul karungan pasir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang Drs Wismo MPd kepada SatelitPostSenin kemarin menjelaskan, pihaknya mengoordinasikan dropingkarung pasir untuk menambal tanggul yang jebol.

“Kami droping tadi untuk Desa Mojo seribu karung, untuk Desa Pesantren seribu karung. Kami tadi dengan Camat Ulujami Purjanto, memantau kondisi tanggul dan berkoordinasi untuk penanganannya,” katanya.

Disampaikan Wismo, diharapkan tinggi air Bendungan Sokawati tidak mencapai angka 5 meter, karena kalau sampai terjadi, maka di hulu akan banjir total. “Akan banjir total jika sampai 5 meter di Bendungan Sokawati,” katanya.

Disampaikannya, dengan Camat Ulujami dia meninjau langsung kondisi meluapnya air sungai ke pemukiman. “Kami tadi juga menemani warga yang kerja bakti memperbaiki tanggul yang sempat jebol,” ujarnya. (Tri Atmodjo-satelitpos)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Air Sungai Comal Meluap Dinihari Rating: 5 Reviewed By: asri yatno