Latest News
Wednesday, December 11, 2013

Widuri Carnival Tutup Rangkaian HUT Pemalang

Widuri Carnival  - IST
Seputar Pemalang - Pesta akhir tahun sekaligus menutup rangkaian kegiatan HUT ke-438 Kabupaten Pemalang, akan digelar Pemkab setempat dalam Widuri Carnival. Kegiatan tersebut diperkirakan akan dihadiri ribuan orang.

Koordinator Widuri Carnival, Yunan Padmowiyoto mengatakan, acara itu akan melibatkan seluruh potensi seni dan budaya, hasil industri serta kuliner khas Pemalang dan akan dilaksanakan pada 14 Desember mendatang. Kegiatan tersebut diharapkan akan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Pemalang dan para wisatawan.

‘’Panitia pelaksana yang terdiri atas beberapa tenaga profesional yang tergabung dalam event organizer saat ini sedang menyiapkan segala sesuatunya agar acara berlangsung sukses,’’ kata Yunan, kemarin.

Ia menambahkan, panitia cukup berat dalam menggarap acara spektakuler itu, terutama dalam mendatangkan sejumlah kuda pilihan, gajah dan beberapa kesenian tradisional yang sudah populer dari luar daerah. Selain itu juga dalam menyediakan properti serta kostum prajurit yang akan mengawal arak-arakan kereta kerajaan.

Dalam event itu akan diarak tiga kereta kerajaan yang didatangkan dari Yogyakarta dan Solo serta kereta raja milik Kabupaten Pemalang, yaitu Kiai Seto Mraman, diiringi parjurit patang puluhan yang mengenakan pakaian khas pasukan perang zaman dulu.

Jajanan Tradisional
Rencananya, Bupati Pema­lang H Junaedi SH MM akan naik dalam salah satu kereta kerajaan. Adapun Sekda Drs Budhi Rahardjo MM akan naik gajah atau kuda diiringi para prajurit, sedangkan para kepala SKPD dan camat akan mengenakan beskap. Tampil pula para kades dan lurah.

Tak kalah unik, sejumlah makanan khas dan jajanan tradisional dari 14 kecamatan akan disuguhkan dalam kegiatan itu. Makanan tersebut dibawa dengan jodang (wadah besar) kemudian dikumpulkan di alun-alun. Selain makanan, tiap kecamatan akan menampilkan seni dan budaya khas.

Untuk lebih memeriahkan suasana akan ditampilkan Batik Carnival dari Kabupaten Ba­tang, dan SMK 1 Ampelgading. Pesta akhir tahun itu rencananya akan diawali dari lapangan Sirandu dan finish di alun-alun Pemalang.
Di ruang publik itu tiap kesenian akan tampil disaksikan para pejabat, dan rencananya akan dihadiri Gubernur Ganjar Pranowo. (suara merdeka)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Widuri Carnival Tutup Rangkaian HUT Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno