Latest News
Friday, December 6, 2013

Walau Sudah Diperbaiki, DPT Bermasalah Masih Ditemukan di Pemalang

Warga melihat DPT di KPU Pemalang (Suryono/Sindo TV)
SeputarPemalang - Sebanyak 120 ribu daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, diketahui bermasalah. Angka tersebut merupakan tambahan karena sebelumnya ditemukan lebih dari 400 ribu DPT bermasalah.

Permasalahan didominasi belum adanya nomor induk kependudukan (NIK) yang jumlahnya lebih dari 110 ribu. Daftar pemilih ganda juga masih banyak, yakni hingga 700 orang. Warga yang sudah meninggal,  belum cukup umu, serta pindah domisili masih tercatat sebagai pemilih di tempat semula.

"Masalah paling banyak adalah nomor induk kependudukan, selain itu masih juga ditemukan pemilih ganda, anggota TNI  dan Polri masuk dalam DPT, serta banyak juga warga masih di bawah umur terdaftar," ujar Ketua Panwas Kabupaten Pemalang, Heri Setyawan, Rabu (4/12/2013).

Ia menguraikan, angka kesalahan tersebut berkurang dari yang temuan sebelumnya sebanyak 400 ribu lebih. Pihaknya telah merekomendasikan kepada KPU Kabupaten Pemalang agar permsalahan ini segera ditindaklanjuti. "Sebelumnya ada sebanyak 400 ribu lebih DPT bermasalah, namun setelah diperbaiki ternyata masih ditemukan 120 DPT bermasalah," terangnya.

Sementara itu, anggota KPU Pemalang Divisi Pemutakhiran Data, Mustafsirin, menyebutkan, jumlah DPT yang telah diperbaiki per 30 November menjadi 1.094.234 dari sebelumnya 1.096.080. 

"Pemeliharaan data terus kami lakukan karena data pasti berubah, terutama untuk yang meninggal dunia, sedangkan untuk warga yang belum terdaftar di DPT, KPU tetap mengakomodasi dengan DPT khusus," jelasnya.

DPT khusus dapat menampung pemilih non-DPT. "Pemilih bisa menggunakan hak suara dengan menunjukkan KK dan KTP pada saat pemilihan nanti," pungkasnya. [okezone]


Newer Post
Previous
This is the last post.

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Walau Sudah Diperbaiki, DPT Bermasalah Masih Ditemukan di Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno