Latest News
Monday, December 9, 2013

Satpol PP Akan Sterilkan Alat Peraga

Foto : Satelit pos
Seputar Pemalang - Semakin dekatnya pemilihan calon legislatif, baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun pusat, membuat kerja keras jajaran Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) untuk menertibkan alat peraga yang terpampang di berbagai jalan utama maupun desa menjadi prioritas utama. Apalagi, setelah menerima surat bupati Pemalang terkait hal itu, Satpol PP akan segera menindaklanjutinya.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pemalang Sukisman mengatakan, terkait dengan surat yang diterimanya dari bupati Pemalang, pihaknya sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh parpol. Isinya dalam waktu tiga Satpol PP akan segera melakukan pembersihan alat peraga yang pemasangannya tidak sesuai dengan PKPU Nomor 15 tahun 2013.  

Ketua Panwaslu Kabupaten Pemalang Heri Setiawan SH, Kamis (5/12), mengatakan, sekarang ini banyak ditemukan pelanggaran-pelanggaran seperti pemasangan alat peraga luar ruangan oleh caleg. 

Panwaslu sudah dua kali mengirim Surat Rekomendasi Nomor: 149/PANWASLU-PML/XI/2013 tertanggal 20 November 2013 dan Nomor: 155/PANWASLU-PML/XI/2013 tertanggal 2 Desember 2013 kepada Bupati Pemalang terkait penertiban alat peraga yang tidak sesuai dengan PKPU Nomor 15 tahun 2013 dan banyaknya komplen dari masyarakat.

Berdasar Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2013, peserta pemilu dapat memasang alat peraga kampanye luar ruangan dengan ketentuan yaitu  untuk baliho atau papan reklame (billboard) hanya diperutukkan bagi parpol satu unit untuk satu desa atau kelurahan.

Alat peraga itu memuat informasi nomor dan tanda gambar parpol dan atau visi, misi, program, jargon, foto pengurus parpol yang bukan calon anggora DPR dan DPRD.  

“Untuk calon anggota DPD dapat memasang baliho atau papan reklame (billboard) satu unit untuk satu desa atau kelurahan,” jelas Heri.

Sedangkan bendera dan umbul-umbul hanya dapat dipasang oleh parpol dan calon anggota DPD pada zona atau wilayah yang ditetapkan KPU, KPU/KIP Provinsi, dan atau KPU/KIP kabupaten/kota bersama pemerintah daerah. 

Spanduk dapat dipasang oleh parpol dan calon anggota DPR, DPD dan DPRD dengan ukuran maksimal 1,5 x 7 meter, hanya satu unit pada satu zona atau wilayah yang ditetapkan oleh KPU, KPU/KIP Provinsi, dan atau KPU/KIP kabupaten/kota bersama pemerintah daerah.

Terkait permasalahan alat peraga caleg-caleg tertentu yang pemasangannya melanggar dan terkesan belum tersentuh Satpol PP, Heri menambahkan, kewenangan Panwaslu hanya merekomendasikan melalui surat. Tindakan sepenuhnya, papar dia, adalah wewenang Satpol PP dan aparat keamanan.

“Apa yang jadi kewenangan Panwaslu sudah dilaksanakan. Tinggal menunggu aksi dari instansi terkait,” terangnya. 

Ke depan, Panwaslu akan selalu berkirim surat terkait tindakan untuk menjawab komplen masyarakat dalam penerapan PKPU Nomor 15 tahun 2013. “Panwaslu siap mengawal dan siap menunjukan pelanggaran yang ada sesuai dengan rekapitulasi data pengawasan yang ada.” (radartegal)

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Satpol PP Akan Sterilkan Alat Peraga Rating: 5 Reviewed By: asri yatno