Latest News
Thursday, December 12, 2013

Nikmatnya Manisan Pepaya dari Pemalang

Manisan Pemaya Pemalang (Dok. Arlini Agestia Pangestika/Citizen6)
Seputar Pemalang - Manisan merupakan kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya manisan yang terbuat dari buah-buahan seperti pepaya, mangga, kelengkeng dan lain-lain. Manisan dikemas dalam kemasan kaleng dan di jual si supermarket.

Namun berbeda dengan manisan pepaya yang satu ini, manisan pepaya ini tidak dikemas dengan kaleng, melainkan di jual perkilogram. Bentuknya seperti jari-jari, berbeda dengan bentuk manisan lainnya. 

Rasanya bervariasi antara manis dan asam. Manisan pepaya ini juga merupakan bahan setengah kering dengan kadar air sekitar 30%, dan kadar gula kirang lebih 60%. Kondisi ini memungkinkan manisan dapat disimpan lama, kerena kebanyakan mikroba tidak dapat tumbuh pada bahan manisan.

Di Kabupaten Pemalang, tepatnya di Desa Moga, menjadi sentra industri rumah tangga dalam pembuatan manisan pepaya tersebut. Manisan pepaya ini bukan hanya dipasarkan di daerah sendiri, namun didistribusikan ke daerah lain seperti Pekalongan, Cirebon, dan beberapa tempat wisata. Hal ini dikarenakan manisan ini tepat untuk dibawa sebagai buah tangan ketika pulang berwisata. (liputan6)


Penulis
Arlini Agestia Pangestika

Semarang, arliniagesxxx@xmail.com.

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Nikmatnya Manisan Pepaya dari Pemalang Rating: 5 Reviewed By: asri yatno