Latest News
Tuesday, December 17, 2013

Ditemukan 1000 Lebih Pelanggaran Alat Peraga Kampanye

Foto : Satelit pos
Seputar Pemalang - Sejumlah petugas Satpol PP Kabupaten Pemalang bersama anggota tim gabungan, Senin (16/12) kemarin mulai melakukan operasi penertiban alat peraga kampanye (APK). 

Operasi penertiban yang dilakukan ini sebagai tindaklanjut rekomendasi Panwaslu yang telah menemukan banyak kasus pelanggaran pemasangan alat peraga tersebut. Yaitu sesuai data hasil penyisiran di lapangan tercatat lebih dari 1000 kasus pelanggaran.

Dalam operesi penertiban APK, Satpol PP sebagai Koordinator Lapangan telah membagi dua regu A dan B. Masing-masing regu untuk personil Satpol PP yang dilibatkan sebanyak 9 petugas yang didampingi anggota KPU dan Panwaslu serta petugas dari DPU Kabupaten Pemalang.

Untuk sasaran operasi, saat ini baru memasuki di wilayah Kecamatan Ulujami dan selanjutkan akan akan terus dilakukan ke semua wilayah Kabupaten Pemalang.

Saat sedang melakukan perjalanannya menuju wilayah Kecamatan Ulujami, di Jalan Jenderal Sudirman di tengah keramaian kota, ada salah satu alat peraga kampanye dengan ukuran besar milik Calon Anggota DPR RI yang terpasang di papan reklame. Karena pemasangannya telah melanggar aturan, mereka sempat berhenti dan akan segera diturunkan. Sejumlah pertugas Satpol PP pun turun dan akan melepasnya.

Namun ketika di lokasi, mereka itu nampaknya kebingungan karena untuk menurunkannya harus menggunakan alat. Sementara alat yang semula telah disiapkan sudah berangkat duluan untuk mengisi BBM. 

Sehingga tindakan penurunan alat tersebut tertunda. Hampir setengah jam lamanya mobil pembawa alat tersebut tak kunjung tiba sehingga akhir diputuskan untuk ditinggal untuk sementara.

Menurut Korlap AP Raharjo, karena terkendala soal alat maka belum bisa diturunkan dengan alasan untuk menghemat waktu karena sasaran operasi yang harus dilakukan di wilayah Kecamatan Ulujami.

Sementara Ketua Panwaslu Kabupaten Pemalang Hery Setiawan SH mejelaskan operasi penertiban alat peraga kampanye yang dilakukan Satpol PP ini, setelah pihaknya merekomendasikan ke Pemkab terkait soal banyak pelanggaran pemasangan alat peraga yang berhasil ditemukan dari hasil penyisiran di lapangan oleh Petugas Pengawas Lapangan (PPL). Dari hasil penyisiran tidak kurang dari seribu kasus pelanggaran.

Di antaranya pelanggaran itu, untuk jenis-jenis alat peraga kampanye dan tempat pemasangannya, termasuk ukurannya. Karena menurutnya berdasarkan aturan untuk pemasangan alat peraga sangat jelas sesuai zona yang telah ditentukan. Yaitu untuk satu desa adalah satu alat peraga kampanye. Tapi pada kenyatannya banyak ditemukan pemasangannya lebih dari satu.

“Rata- rata pelanggarannya seperti bentuk dan ukuran serta jumlahnya yang melebihi dari satu, termasuk pemasangannya juga tidak sesuai dengan zonanya,” papar dia. 

Dia menambahkan untuk zona masing-masing desa satu zona atau tempat pemasangan alat peraga hanya satu tempat dan itu bebas terserah tapi hanya satu gambar saja. (radartegal)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ditemukan 1000 Lebih Pelanggaran Alat Peraga Kampanye Rating: 5 Reviewed By: asri yatno