Latest News
Tuesday, December 10, 2013

Cempaka Wulung

Cempaka Wulung
Seputar Pemalang - Cepaka Wulung Terletak di Desa Banyumudal Kecamatan Moga (+ 44 Km Selatan Kota Pemalang). Obyek Wisata ini merupakan kawasan hutan pinus dimana terdapat banyak sekali sumber-sumber mata air jernih. 

Cepaka wulung saat ini dilengkapi dengan fasilitas Kolam Renang Alami dan Panggung Hiburan. Obyek Wisata ini cocok untuk olah raga hiking dan camping. Dan alam Kecamatan Moga sudah sejak lama dikenal indah dan sejuk. Bahkan dulu dikenal sebagai ''Bandung''-nya Pemalang. Karena kesejukkan udaranya yang menyamai udara di Bandung.

Namun kini udara Moga sudah tidak sedingin dulu lagi walaupun masih menawarkan kesejukkan. Dengan kondisi alam dan udara yang sejuk itu Moga sering didatangi orang untuk refreshing. Apalagi di kota kecamatan yang berada di selatan Pemalang itu terdapat objek wisata kolam renang alam. Serta kawasan peristirahatan yang berhawa sejuk dikitari panorama alam pegunungan.

Kolam renang alam Moga dilengkapi fasilitas lapangan tenis dan hotel. Bagi penggemar buah-buahan tak jauh dari objek wisata itu terdapat kios-kios yang menyediakan aneka buah-buahan. Seperti nanas, apukat, rambutan dan durian.

Kolam renang alam Moga yang berjarak sekitar 41 kilometer dari Pemalang itu, juga dekat dengan objek wisata Guci Tegal. Serta objek wisata alam Cempaka Wulung di Desa Banyumudal, Moga. 

Cempaka Wulung dan kolam renang alam Moga hampir memiliki kesamaan. Yakni banyak bertabur sumber mata air bening yang tak pernah berhenti mengalir.

Perbedaannya Cempaka Wulung berada di tanah milik Perhutani. Sedangkan kolam renang milik Pemkab dan kini dikelola oleh Yayasan Triviaca Stipari Semarang. Mata air bening di Cempaka Wulung tidak ditampung dan mengalir lewat sungai-sungai kecil.

Kolam renang alam moga juga merupakan tempat penampungan ratusan mata air kecil yang ada di bawah kolam. Lantai kolam adalah bebatuan yang permukaannya datar. Sedangkan dinding kolam yang berbentuk persegi empat terbuat dari keramik.

Kolam dibagi dua. Bagian pertama kedalamannya sekitar 4 meter untuk orang dewasa yang bisa berenang. Sedangkan bagian kedua yang ukurannya lebih kecil untuk anak-anak. Keunikan kolam itu berada di dasar lantai. Yakni selalu mengucurkan sumber air bening yang tak pernah berhenti.[berbagai sumber]



Add caption



KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cempaka Wulung Rating: 5 Reviewed By: asri yatno