Latest News
Friday, December 13, 2013

Bupati Pemalang Beri Penghargaan Pada Desa Prestasi

Foto : mediarakyat99
Seputar Pemalang - Rapat Koordinasi Kepala Desa dan Lurah Se-Kabupaten Pemalang, yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pemalang senin (09/12). dalam acara Koordinasi evaluasi penyelenggaraan pemerintah dan pemerintah desa.

Bupati Pemalang H.Junaedi ,SH.MM. sekaligus menyerahkan penghargaan bagi Kepala Desa yang berprestasi dalam penyusunan LPPDesa. Dalam arahanya Bupati Pemalang H.Junaedi,SH,MM. menyampaikan "Pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Pemalang tetap konsisten untuk semakin memajukan desa." kata Juanedi.

"Saya mengharap kedepan desa semakin berdaya saing dan maju serta mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan aparatur pemerintah desanya, untuk itu saya minta para Kepala Desa dan Kepala SKPD di Kabupaten Pemalang untuk memadukan program dan kegiatan yang bermuara di desa." ujar Junaedi

Bidang pemerintahan, Administrasi Pemerintah Desa, ADD tahap II 2013 masih ada 10 desa yang belum cair ADDnya, penyebabnya adalah belum disusunnya SPJ tahap I tahun 2013.10 Desa yang belum mencairkan ADD Tahap II Tahun 2013, ada 2 Kecamatan , Kecamatan Taman (4 desa) Desa Wanarejan Utara, Gondang, Banjaran dan Kedungbanjar. dan Kecamatan Ulujami (6 Desa) Desa Botekan, Sukorejo, Blendung, Ketapang, Limbangan dan Pesantren. 

Berkaitan dengan penyusunan APBDesa Tahun Anggaran 2014, Kepala Desa agar segera menyusun dan menetapkan Perdes tentang APBDesa,sesuai batasan waktu yang telah ditentukan. Review RPJMDesa,ternyata baru 51 desa yang melakukan review(meninjau kembali) dokumen perencanaan RPJMDesa.

Sisanya 127 Kepala Desa baru belum melakukan review.Hasil temuan pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Pemalang banyak pungutan desa yang belum dibuatkan payung/dasar hukum serta pengelolaannya belum transparan.

Sampai bulan Desamber tahun 2013 Sekdes yang kosong sebanyak 45,walaupun selama tahun 2013 BKD berhasil pengisian sebanyak 17 sekdes. Tanah bondo desa (di kelurahan)yangn keberadaannya belum diketahui. 

Mengenai Keuangan dan Kekayaan Desa,tanah kas Desa (bengkok) terindikasi kuat belum tertib. Karena masih dikelola oleh oknum. Perlindungan masyarakat. Dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2014. 

Kepala Desa/Lurah Harus mensosialisasikan tentang pelaksanaannya. Nanti tanggal 9 April 2014. Tentang Pendapan Daerah dan Aset Daerah, bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Perekonomian Rakyat mengevaluasi Raskin. 

Desa dan Kelurahan yang mendapatkan penghargaan dari Bupati antara lain, peringkat I sebesar Rp.50 juta Kades Saradan, Peringkat II Rp.35 juta Kades Pagenteran dan peringkat III Rp.25 juta Kades Jatirejo. Pesan Bupati, gunakan uang penghargaan tersebut untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah Desa. (heri-mediarakyat99.).

KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bupati Pemalang Beri Penghargaan Pada Desa Prestasi Rating: 5 Reviewed By: asri yatno