Latest News
Tuesday, December 10, 2013

Bendung Sokawati Terkendala Sampah

Bendung Sokawati Terkendala Sampah - IST
Seputar Pemalang - Bendung Sokawati yang pada Januari 2014 nanti berumur satu tahun sejak diadakan rehab besar-besaran tahun lalu. Saat ini kemanfaatannya masih terus digunakan para petani untuk mengairi sawahnya. 

Pada saat curah hujan yang tinggi saat ini Bendung Sokawati memiliki debit air sekitar 12 meter kubik lebih atau setara dengan 12.000 liter per detik. Air tersebut dimanfaatkan oleh para petani untuk mengairi sawah di tiga kecamatan di Pemalang seluas 9.005 hektare.

Kepala Koordinator Perwakilan Balai (Koperbal) Wilayah Pemalang dan Sekitarnya, Saefudin, Senin (9/12), menyampaikan, debit sebesar itu dapat mengairi areal sawah di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Ampelgading, Petarukan, dan Taman. Tepatnya di sekunder Sokawangi, Petarukan, Rowopanggang, dan Comal Timur.

Dikatakan Saefudin, pembagian air sampai dengan saat ini sudah cukup, bahkan menurut pantauannya sampai ke wilayah pantura hingga ke hilir sudah baik. Kendalanya kadang kalau curah hujan tinggi, air yang mengalir membawa matrial sampah sehingga menjadikan bak sampah di bending tersebut penuh.

“Karena material sampah itu, sehingga debit airnya berkurang sampai ke sekunder,” kata Saefudin.

Kondisi seperti itulah yang disamping mengurangi debit air, dari petugas juga menjadi ekstra dalam bekerja untuk membersihkan material sampah supaya kondisi menjadi normal kembali dan debit air bisa stabil.

“Mereka menjadi sangat ekstra bekerja,” terang Saefudin. 

Saat belum direhab, walaupun ada kendala tetapi tidak seperti sekarang ini. Saat ini justru setelah dilakukan rehab dengan biaya yang besar menjadi kendala.

Disampaikan pula, saat ini kondisi air sudah mencukupi, tetapi dari para petani inginnya  menanam padi menungu curah hujan yang lebih efektif lagi dan lancar. “Sebetulnya dari Koperbal sudah menyatakan siap untuk tanam, tetapi dari petaninya yang masih menungu.” (radartegal)


KOMENTAR ANDA

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bendung Sokawati Terkendala Sampah Rating: 5 Reviewed By: asri yatno